Page Detail

Fokus dalam Ketepatan Pelaksanaan Anggaran  FIB UNS Gelar Lokakarya Penyesuaian Usulan RKA UK

Fokus dalam Ketepatan Pelaksanaan Anggaran FIB UNS Gelar Lokakarya Penyesuaian Usulan RKA UK

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Lokakarya Penyesuaian Usulan Rencana Kinerja Anggaran (RKA) Unit Kerja (UK) pada Rabu pagi (11/01/2023) di Laweyan Meeting Room Swiss Belhotel, Surakarta. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan kali ini, Rianita Dwi Astuti, S.Kom., M.Cs. dan Fatin Mubarak, S.Kom.  dari Subbagian Perencanaan dan Informasi UNS.

Laporan lokakarya kali ini disampaikan oleh Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis, dan Informasi FIB UNS, Prof. Dr. Wakit, M.Hum., beliau berharap kiranya  RKA FIB Tahun 2023 yang telah disesuaikan dapat tersusun dengan baik, sehingga kegiatan dapat segera dilaksanakan. Kegiatan pagi ini dibuka oleh Dekan FIB UNS, Prof. Dr. Warto, M.Hum., rasa terima kasih tercurah dalam sambutannya. “Terima kasih pada teman-teman karena sudah kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas selama tahun 2022. Mengertilah bahwa penyusunan dan penyesuaian anggaran merupakan seni dalam dunia pekerjaan” paparnya.

Penyesuaian usulan RKA ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari keputusan Majelis Wali Amanat nomor 22/UN27.MWA/HK/2022 tentang Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan UNS Tahun 2023 dan hasil review Satuan Pengaman Internal (SPI) UNS. Kegiatan ini mempunyai tiga target utama yaitu penyesuaian usulan sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan, penyusunan rencana aksi (jadwal kegiatan) Triwulan 1, serta sentralisasi rencana pembangunan dan pengadaan.

Hal ini disampaikan secara detail oleh Rianita Dwi Astuti, S.Kom., M.Cs. Melalui penyampaian yang ringan Ria juga menjelaskan tentang beberapa kebijakan baru yang akan diberlakukan di UNS, diantaranya adalah sistem reward and punishment dalam ketepatan penggunaan anggaran dan pencapaian target IKU. Ketepatan dalam penggunaan anggaran akan masuk dalam penilaian kinerja suatu unit kerja, jika tidak berhasil membelanjakan anggaran pada waktu yang telah ditentukan akan mendapatkan punishment berupa pengurangan anggaran di triwulan berikutnya.

Tahapan revisi anggaran melalui Aplikasi Sistem Perencanaan dan Evaluasi Anggaran (SIREVA UNS) disampaikan oleh Fatin Mubarak, S.Kom. Sebagai salah satu pengembang SIREVA, Fatin menyampaikan bahwa proses revisi saat ini menjadi lebih mudah karena ada penambahan fitur baru. “SIREVA selalu di-upgrade mengikuti perkembangan kebutuhan di lapangan” ungkapnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari Jajaran Pimpinan, Kepala Program Studi, Admin Program Studi, dan Tenaga Kependidikan FIB UNS. Sesi terakhir dihangatkan dengan tanya jawab antara peserta dengan narasumber, melalui lokakarya ini diharapan FIB dapat menyerap semua anggaran yang sudah ditargetkan per triwulannya, untuk menggelar kegiatan yang membantu mencerdaskan bangsa. (Gar)