Page Detail

FIB UNS Serius Siapkan Mahasiswa untuk Terjun di PILMAPRES UNS Tahun 2023

FIB UNS Serius Siapkan Mahasiswa untuk Terjun di PILMAPRES UNS Tahun 2023

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) getol mempersiapkan mahasiswanya untuk terjun berkompetisi di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Tahun 2023 tingkat universitas, terbukti FIB UNS menggelar rentetan seleksi sejak pekan lalu (10/03/2023)  mulai dari tahap sosialisasi, pendaftaran, pembekalan, hingga sampai pada Senin pagi (27/03/2023) mencapai Babak Final PILMAPRES FIB UNS Tahun 2023.

Tahap akhir dalam rangkaian PILMAPRES FIB UNS Tahun 2023 ini di buka oleh Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Tri Wiratno, M.A. beliau mengatakan bahwa, kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk mengembangkan kemampuan.

“Melalui kegiatan ini kita akan menemukan mahasiswa terbaik diantara yang baik, untuk itu mari serius dan fokus dalam menjalani berbagai tahap penilaian dalam seleksi kali ini. Tujuan dari kegiatan kali ini yang pertama memang mempersiapkan mahasiswa guna berkompetisi, selain itu mereka (mahasiswa peserta PILMAPRES) dapat menjadi bintang yang kemudian akan melecut semangat rekan-rekannya untuk menambah kompetensi diri” Papar Prof. Tri.

Pada babak final kali ini terdapat tiga mahasiswa (Isnadiah Youwanda dari Prodi Sastra Inggris, Widya Ristiawati dari Prodi Sastra Indonesia, dan Ardella Emilia Al Ninditya dari Prodi Sastra Daerah) yang bertempur dengan seluruh daya intelektual guna mendapatkan gelar MAWAPRES FIB UNS Tahun 2023, materi dari artikel yang mereka tulis mengangkat tentang kegelisahan masyarakat yang coba diringankan dengan cara cepat dan tepat melalui platform digital.

Widya dalam presentasinya memaparkan tentang cara yang lebih efisien dalam mengakses arsip kegiatan budaya, Isnadiah coba mempermudah dan membangkitkan semangat baca masyarakat dengan menawarkan media baca buku online, serta Ardella fokus mengembangkan bahasa ibu serta leksikon daerah di Indonesia melalui aplikasi yang dia garap bernama Kuerti.

Juri terdiri dari Dosen FIB UNS sebanyak lima orang yaitu Asep Yudha Wirajaya, S.S., MA., Karunia Purna Kusciati, S.S., M.Si., Yusana Sasanti Dadtun, S.S., M.Hum., Dr. Muhammad Yunus Anis, S.S., M.A., dan Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum. Mengutip pesan dari Prof. Tri bahwa juri selain menilai perfoma peserta diharapkan juga membimbing mereka agar menjadi lebih baik. (Gar/Rensi)