Page Detail

FIB UNS Mendapat Visitasi TIM Green Campus UNS

FIB UNS Mendapat Visitasi TIM Green Campus UNS

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) pada Rabu siang (07/02/2024) menerima visitasi dari Tim Green Campus UNS pada Rabu siang (07/02/2024) di Ruang Sidang 1 Gedung I. Suharno FIB UNS. Kegiatan ini merupakan proses lanjutan dari alur perlombaan Green Campus yang diadakan oleh universitas, proses sebelumnya tim penilai memilih delapan fakultas/unit dari aspek kelengkapan data dan tingkat capaian yang direkam melalui pengisian borang.

Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis, dan Informasi FIB UNS, Prof. Dr. Wakit, M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan “Bahwa walau ada beberapa aspek penilaian yang minim dibanding fakultas/unit lain, tapi semoga dapat memberikan sumbangan yang baik guna pelestarian lingkungan. Kami persiapkan semaksimal mungkin untuk memberi dampak yang baik pada lingkungan FIB pada khususnya dan UNS pada umumnya. Jika ada kurang mohon pengertiannya” tuturnya.

Setelah selesai memperkenalkan seluruh Tim Green Campus UNS, Prof. Dr. Drs. Pranoto, M.Sc.  (Ketua Tim Green Campus UNS) dalam sambutannya mengatakan “Ini merupakan upaya kita bersama mensosialisasikan kepedulian kita akan lingkungan. Selain lomba ini merupakan ajang sosialisasi kita bersama untuk merawat, menjaga, dan peduli pada lingkungan. Kedatang kami kemari hanya memastikan beberapa instrumen yang terdapat di borang” ungkapnya.

Kedatang Tim Green Campus ini memastikan beberapa kelengkapan atau kesesuaian yang terdapat dalam borang melalui sesi presentasi. Asep Budi Santoso, A.Md., sebagai Tim Green Campus FIB dalam presentasinya yang bertajuk upaya FIB ramah lingkungan. Asep dalam presentasinya juga menitik beratkan pada pendeketan budaya sebagai upaya FIB mensosialisasikan peduli lingkungan.

Pendekatan budaya tersebut melalui tembang macapat yang digubah oleh Dosen Program Studi Sastra Daerah FIB UNS, Dr. Sutarjo, M.Hum. “Ada tiga tembang macapat yang digubah oleh bapak Sutarjo yaitu Durma, Sinom, dan Dandhanggula. Kami sudah share videonya di media sosial yang FIB miliki seperti Youtube, Instagram, dan Website. Harapannya agar banyak orang yang menyaksikan dapat terhibur serta tersentil oleh liriknya untuk melek (sadar) lingkungan ” imbuh Asep.

Dr. Puguh Karyanto, S.Si., M.Si., Ph.D. salah satu Tim Penilai Green Campus UNS dalam instrumen edukasi, memberikan apresiasi yang baik akan upaya FIB meramu sebuah sajian tembang maxcapat syarat akan makna peduli lingkungan. Kegiatan ini kemudian dilanjutan dengan sesi foto bersama (Humas FIB)