Page Detail

FIB UNS Gelar PKKMB Program Pascasarjana Periode I Tahun 2023

FIB UNS Gelar PKKMB Program Pascasarjana Periode I Tahun 2023

 

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Program Pascasarjana Periode I tahun 2023. Sebanyak 32 mahasiswa dari empat program studi (prodi) (S-2 Linguistik, S-3 Linguistik, S-2 Kajian Budaya, S-3 Kajian Budaya)  FIB dikumpulkan di Ruang Seminar Gedung I. Suharno FIB UNS pada Kamis pagi (07/09/2023), dengan antusias mereka mengikuti upacara pembukaan yang dipimpin oleh Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FIB UNS, Prof. Dr. Tri Wiratno, M.A.

Melalui sambutannya Prof. Tri memberikan dorongan semangat pada para mahasiswa untuk selalu bahagia. “Masa kuliah pesan saya pada tema-teman mahasiswa agar selalu bahagia, jangan lalui masa kuliah dengan banyak menggerutu dan mengeluh. Kenali para dosen, tenaga kependidikan, dan semua warga kampus, melalui hal tersebut niscaya kalian akan lulus dengan tepat waktu” paparnya.

Setelah dibuka oleh Prof. Tri, fakultas mengharap kelancaran dan keberkahan pada Tuhan melalui doa yang dilantunkan oleh Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis, dan Informasi FIB UNS, Prof. Dr. Wakit, M.Hum., sementara itu harapan yang sama juga disampaikan oleh Wakil Dekan Sumber Daya Manusia, Keuangan, dan Logistik, Dr. Henry Yustanto, M.A., beliau menghimbau agar para mahasiswa kuliah dengan sungguh-sungguh, lancar, dan tidak ada masalah.

Materi berjudul Sistem Pembelajaran dan Budaya Akademik untuk S-2 dan S-3 di FIB UNS yang disampaikan oleh Prof. Tri mengajak mahasiswa untuk berfikir kritis serta dapat mencari obyek kajian dengan lebih jeli. “Hindari plagiasi, sekali lagi saya himbau pada teman-teman mahasiswa untuk menghindari plagiasi dalam karya kalian. Besok, ketika kalian menulis tesis atau disertasi usahakan untuk mengecek karya kalian di Turnitin. Stop plagiasi mari inisiasi inspirasi untuk mencari materi guna menemukan kesegaran dari apa yang akan kita kaji” tandasnya.

Jelang rampung mahasiswa juga dibekali pemahaman tentang manajemen SIAKAD, materi disampaikan oleh operator SIAKAD FIB UNS, Laksono Widiyanto, S.E. dalam penyampaiannya beliau menjelaskan secara terstruktur proses mengisi Kartu Rencana Studi (KRS). Sesi tanya jawab guna menambah bekal pemahaman dimanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa. (Gar/Rensi)