Page Detail

FIB UNS Gelar Lokakarya Penyusunan RPS bagi Akreditasi Nasional dan Internasional, Bahan Ajar dan Evaluasi Kurikulum

FIB UNS Gelar Lokakarya Penyusunan RPS bagi Akreditasi Nasional dan Internasional, Bahan Ajar dan Evaluasi Kurikulum

Program Studi (prodi) Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universirtas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Lokakarya Penyusunan RPS bagi Akreditasi Nasional dan Internasional, Bahan Ajar dan Evaluasi Kurikulum. Kegiatan ini diadakan pada Kamis pagi (07/03/2024) di Ruang Sidang 1 FIB UNS, dengan mengundang Prof. Dr. Hassan Abdel Alim Abdel Gawwad Youssef (Direktur Pusat Studi Indonesia Universitas Suez Canal sekaligus selaku Direktur Ma’had Afro-Asia Universitas Suez Canal, Ismailia, Mesir), Prof. Dr. Sangidu, M.Hum., (Kepala Departemen Antarbudaya, FIB UGM), dan Dr. Mohammad Masrukhi, M.Hum (Dosen Program Studi Sastra Arab, FIB UGM) sebagai narasumber.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FIB UNS, Prof. Dr. Tri Wiratno, M.Hum. dalam sambutannya beliau beraharap, semoga melalui lokakarya ini akan menghasilkan kurikulum yang akan memberikan manfaat bagi banyak orang. Narasumber pertama Prof. Dr. Hassan Abdel Alim Abdel Gawwad Youssef menyampaikan materi tentang peluang materi-materi pembelajaran khususnya bidang Sastra Arab dan beberapa mata kuliah dalam kurikulum yang setara dengan yang diajarkan di Mesir. Hal ini mendukung kegiatan pertukaran pelajar yang rutin dilaksanakan oleh mahasiswa dari Sastra Arab, yang dikirimkan untuk mengikuti perkuliahan di universitas yang ada di Mesir.

Prof. Sangidu menyinggung tentang Ilmu Linguistik. “Dalam setiap mata kuliah yang sifatnya mengandung peralihan budaya, seperti mata kuliah Pengantar Linguistik, Sastra, Budaya, ataupun Penerjemahan, maka perlu diajarkan materi tentang Pengantar Linguistik Umum dan dilanjutkan dengan materi mata kuliah Pengantar Linguistik Arab, supaya mahasiswa tidak mengalami kebingungan dengan adanya perbedaan budaya antara Linguistik Umum dan Linguistik Arab. Dengan demikian, lulusan program studi Sastra Arab Insyaallah akan sukses karena mendapatkan pengetahuan yang lengkap.” tuturnya.

Narasumber pamungkas, Dr. Mohammad Masrukhi berfokus pada struktur mata kuliah yang diselenggarakan oleh Prodi Sastra Arab FIB UNS. Beliau menyarankan agar mengganti beberapa mata kuliah pilihan yang bersifat umum untuk lebih mengerucut pada mata kuliah utama. Penutup kegiatan para peserta melakukan foto bersama. (Humas FIB)