Page Detail

FIB UNS Gelar Lokakarya Penulisan dan Publikasi Artikel Jurnal

FIB UNS Gelar Lokakarya Penulisan dan Publikasi Artikel Jurnal

Memahami pentingnya menulis artikel jurnal untuk sivitas akademika di lingkungan perguruan tinggi, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Lokakarya secara hybrid dengan mengangkat tema Penulisan dan Publikasi Artikel pada Selasa pagi (14/12/2021). Hadir sebagai narasumber, Prof. Wening Udasmoro, S.S., M. Hum., DEA. (UGM) dan Faisal Risdianto, S.S., M. Hum. (IAIN Salatiga).

Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FIB UNS, Prof.  Tri Winarno, M.A. lepas menumpahkan rasa terimakasihnya karena kegiatan ini sudah digelar, beliau juga terperinci menjelaskan keahlian para narasumber.

"Alhamdulillah kegiatan yg sudah dirancang dengan baik ini dapat terselenggara. Dalam lokakarya pagi hari ini hadir bapak Faisal yang akan memberikan pandangan terkait jurnal yg memiliki potensi lolos publikasi, dan Prof. Wening memberikan konstruksi penting dalam teknik penulisan artikel" Ungkap Prof. Tri.

Melalui pemaparan terkait eksplorasi jurnal dan pelbagai hal tentang publikasi ilmiah, Dosen IAIN itu juga menjelaskan beberapa hambatan dalam publikasi ilmiah. "Ada beberapa masalah dalam publikasi ilmiah antara lain, bagaimana standar format dan kualitas artikel, kesulitan menulis dengan bahasa Inggris sesuai standar jurnal, kesabaran menunggu hasil, dan ketabahan dalam merevisi artikel" tutur Faisal.

Narasumber kedua, Guru Besar FIB UGM dengan lugas menjabarkan bahwa menulis harus tepat sasaran dan efektif, kemudian dalam penulisan harus memiliki angle satu aspek, dan jangan lupakan tentang konteks peristiwa saat ini. "Fokus itu penting, tapi jangan lupakan konteks peristiwanya. Kalau berbicara ikan jangan lupa singgung lautnya" lugas Prof. Wening.

Melalui lokakarya ini semangat menulis artikel jurnal kiranya dapat terpantik. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 85 peserta (luring dan daring) yang terdiri dari mahasiswa, tenaga kependidikan, dan dosen FIB UNS. (Rensi)