Page Detail

FIB UNS Adakan Kuliah Alumni  Bertemakan Mencari Peluang Mengembangkan Karir untuk Menyongsong Masa Depan

FIB UNS Adakan Kuliah Alumni Bertemakan Mencari Peluang Mengembangkan Karir untuk Menyongsong Masa Depan

“Saat ini adalah waktunya kita memberi untuk almamater”  ungkapan  tersebut nampaknya kentara signifikan di masa saat ini, pasalnya alumni sadar untuk menjadi pribadi yang berdaya guna kemudian menularkan apa yang didapat untuk membuat moncer almamaternya. Mengilhami hal tersebut Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS menggelar Kuliah Alumni secara hybrid (di ruang seminar Gd III dan melalui platform Zoom Meeting) dengan mengusung tema Mencari Peluang Mengembangkan Karir untuk Menyongsong Masa Depan pada Jumat pagi (12/11/2021).

Direktur Solo International Performing Art (SIPA), Dra. R.Ay. Irawati Kusumorastri, M.Sn. diundang sebagai pembicara dalam Kuliah Umum kali ini, Irawati merupakan alumni Program Studi (prodi) Sastra Inggris tahun 1982. Sedari kecil sudah berkecimpung di dunia kebudayaan mendorongnya untuk menginisiasi SIPA, suatu event pertunjukan yang menghibur dan mengedukasi dari aspek Performing Art lintas bangsa.

Prof. Dr Tri Wiratno, M.A, Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FIB UNS berterimakasih atas kedatangan Direktur SIPA dan mengharap setelah kegiatan ini mahasiswa dapat ngangsu kaweruh (belajar) terkait pengalaman meramu sebuah event organizer. “Di ranah kuliah kita baru mendapatkan teori menjalani hidup. Nah, teori tersebut baru digunakan setelah terjun di masyarakat atau dunia kerja. Saya ajak adik-adik mahasiswa untuk tanya sebanyak-banyaknya, bimbingan dan arahan dari mbak Ira akan menambah wawasan kalian semua” paparnya.

Penggambaran putri Solo tercermin melalui tutur R.Ay. Irawati ketika menyampaikan paparannya. Materi berjudul Mencari Peluang Mengembangkan Karier Untuk Menyongsong Masa Depan menjadi landasan Direktur SIPA itu menerangkan pentingnya belajar memahami peluang dan cara bersikap yang baik.

“Mengambil istilah Jawa Ajining diri dumunung ana ing lathi, ajining raga ana ing busana (harga diri seseorang terletak pada ucapannya, nilai penampilan pada pakaian yang dikenakan) hal tersebut patut kita jadikan pedoman, bahwa bertutur harus selalu ditata karena attitude yang baik dapat meningkatkan daya jual,  kemudian tata cara berpakaian harus elegan menurut konteksnya. Satu hal lagi yang terpenting untuk menyongsong kesuksesan yaitu memiliki network luas” jelas R.Ay. Irawati.

Melalui kegiatan Kuliah Alumni diharapkan mahasiswa dapat mengambil sisi positif dari para almuni. Hal tersebut membuktikan bahwa alumni tumbuh menjadi pribadi yang mampu memotivasi, bahkan menularkan tumpukan informasi guna membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk menyongsong masa depan. (Rensi)