Page Detail

Fasilitasi Mahasiswa Agar Lancar Kuliah Prodi S-2 Ilmu Linguistik FIB UNS Gelar Pelatihan Penulisan Proposal Ilmiah

Fasilitasi Mahasiswa Agar Lancar Kuliah Prodi S-2 Ilmu Linguistik FIB UNS Gelar Pelatihan Penulisan Proposal Ilmiah

Guna mendorong mahasiswa lulus tepat waktu Program Studi (Prodi) S-2 Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar kegiatan bertajuk Pelatihan Penulisan Proposal Ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa pagi (28/02/2023) di Ruang Seminar Gedung I. Suharno FIB UNS, peserta terdiri dari Mahasiswa Prodi S-2 Ilmu Linguistik FIB UNS dengan mengundang narasumber Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum. (Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, Pengabdian, Publikasi dan Haki Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Dr. FX. Sawardi, M.Hum., Kepala Prodi S-2 Ilmu Linguistik FIB UNS, mengutarakan rasa terimakasihnya karena melalui kegiatan ini atmosfer akademik kembali terasa di lingkungan kampus. “Puji Tuhan melalui kegiatan ini kita dapat merasakan kembali hangatnya pergerakan akademik di kampus, sebelumnya kita terkungkung dalam batasan ruang daring. Semoga melalui kegiatan ini kita semua dapat menggali banyak informasi dan memperoleh solusi dari beberapa masalah yang krusial dalam penulisan proposal” katanya.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FIB UNS, Prof. Dr. Warto, M.Hum. dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan upaya fakultas memfasilitasi mahasiswa agar kuliah lancar sesuai ketentuan. “Saya selaku wakil dari fakultas mengucapkan terima kasih pada narasumber, kegiatan semacam ini adalah cara cantik prodi memfasilitasi mahasiswa dengan tambahan kompetensi agar kuliah mereka berjalan dengan baik” paparnya.

Pemaparan materi dari Prof. Harun dibuka dengan memberikan tips agar mahasiswa lulus tepat waktu. “Saya punya tips agar teman-teman (mahasiswa) dapat lekas lulus yaitu dengan 3K, kompak, kokoh, dan komitmen, hal tersebut jika berjalan secara gayung bersambut antar rekan satu angkatan kalian akan lulus secara beriringan. Kita bersama paham salah satu faktor yang melatar belakangi mahasiswa terkendala studinya karena teman satu angkatannya sudah mendahului lulus” ungkapnya.

Prof Harun melalui materinya yang berjudul Tren Topik Riset Linguistik: Membuka Mata & Memartabatkan Manusia Era Komunikasi & Komputasi Global menegaskan bahwa penelitian yang baik adalah penelitian yang berguna bagi masyarakat. “Ilmu harus dapat memanusiakan manusia” lugas Prof. Harun. (Gar/Rensi)