Page Detail

Evaluasi Pencapaian IKU Fakultas, Senat Akademik Fakultas Adakan Sidang Pleno

Evaluasi Pencapaian IKU Fakultas, Senat Akademik Fakultas Adakan Sidang Pleno

Senat Akademik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) (SAFIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Sidang Pleno Pengawasan dan Evaluasi Pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) pada Selasa pagi (26/07/2022) di ruang Indrakila UNS Inn, Surakarta. Prof. Drs. Riyadi Santosa, M.Ed., Ph.D, Ketua SAFIB, sebagai pemimpin sidang pleno mengatakan sudah berupaya untuk berkontribusi dalam menunjang perolehan IKU. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum.

Klungsu-klungsu melu udu (walau sedikit tapi ikut berpartisipasi)” ujar Prof. Riyadi dalam sambutannya terkait kinerja FIB yang turut mendayung perolehan IKU UNS, Guru Besar Program Studi (prodi) Sastra Inggris ini juga memohon saran kepada Rektor untuk kemajuan FIB. Melalui materi yang berjudul Strategi Pencapaian IKU, Prof. Jamal detail memberikan pelbagai strategi untuk memaksimalkan perolehan IKU.  

Ungkapan terima kasih diutarakan oleh Prof. Jamal sebelum menuju pada pemaparan strategi, pasalnya dua tahun terakhir UNS mendapatkan hasil yang positif dalam pencapaian IKU. Sebagai konstruksi untuk melangkah Prof. Jamal memaparkan tentang program pencapain IKU UNS secara umum.

“Secara umum program UNS guna mancapai IKU, antara lain menyusun sistem perencanaan dan penganggaran berbasis IKU, membuat hibah lompatan kreatif pencapaian IKU kepada fakultas/sekolah/unit, memberikan penghargaan dan insentif kepada program studi yang memperoleh pencapaian IKU tertinggi, mengalokasikan dana insentif IKU yang diterima dari Kementerian kepada universitas dan masing-masing fakultas/sekolah dengan mempertimbangkan pencapaian kinerja, menunjuk leading sector (bidang) untuk setiap IKU, dan menunjuk salah satu direktorat (direktorat KPI) untuk mengorganisir dan mengkoordinasikan pencatatan, monitoring, analisis dan evaluasi pencapaian IKU UNS” papar Prof. Jamal.

Mengingat ada sebanyak delapan target IKU Kementerian, dan dua target IKU UNS yang harus tercapai, Prof. Jamal terperinci menjabarkan tantangan dan strategi pada setiap IKU guna mencapai target dengan optimal. Sekretaris SAFIB, Prof. Dr. Sumarlam, M.S. menutup sidang pleno dengan mengucapkan terimakasih pada pimpinan fakultas yang sudah bekerja dengan cerdas guna menggenapi pencapaian IKU. (Rensi)