Page Detail

Dosen Prodi Sastra Indonesia FIB UNS Sengat Semangat Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMK Negeri 1 Jumantono

Dosen Prodi Sastra Indonesia FIB UNS Sengat Semangat Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMK Negeri 1 Jumantono

Menyengat semangat guna memajukan dunia pendidikan merupakan tugas utama sebagai masyarakat akademik, sepeti halnya Asep Yudha Wirajaya, S.S., M.A., Dosen Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS), menularkan tips dan trik untuk menjadi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sukses pada Senin (15/07/2024) pagi di SMK Negeri 1 Jumantono.

Dalam kegiatan Workshop ESQ yang bertajuk Peningkatan Karakter Pendidik dan Tenaga Kependidikan ini, Asep Yudha memaparkan materi tentang Upaya Meraih Sukses Sejati: Sebuah Perenungan. Dosen mata kuliah pengantar filologi tersebut mengajak seluruh peserta untuk merenungi peran hidup mereka bagi orang banyak.

“Sebagai tenaga pendidik, tidak hanya materi yang diberikan, tetapi juga ajaran moral, karakter, dan kualitas diri yang dijadikan pedoman bagi siswa” terang Asep Yudha.

 

Mengenai kesuksesan, Asep Yudha memaparkan bahwa sukses bukan tujuan, melainkan sebuah perjalanan. “Kesuksesan adalah sebuah perjalanan yang menciptakan nilai tambah untuk diri sendiri dan masyarakat dalam rangka meraih kebahagiaan hidup. Maka dari itu, perlu proses yang panjang untuk menggapai sukses. Salah satu faktor pendukung sukses adalah mengenali diri, menerima diri, mengembangkan diri, dan meningkatkan diri,” ujarnya

Dalam memulai kesuksesan, perlu dipertanyakan tujuan hidup pada diri masing-masing sehingga setiap individu dapat menentukan misi hidup masing-masing. Sementara itu, peningkatan diri diawali dengan berpikiran positif kemudian merencanakan tujuan hidup. “Kita harus berpikiran positif untuk merasakan hal-hal positif, dan menyiapkan tujuan yang disertai dengan doa,” tambah Asep Yudha.

Melihat antusiasme para peserta yang hadir dalam Workshop ESQ, diharapkan materi yang diberikan dapat memberikan manfaat, motivasi, dan dorongan kepada pendidik dan tenaga kependidikan di SMKN 1 Jumantono sehingga mereka dapat memberikan perannya secara maksimal kepada orang lain, terutama kepada para siswa. (Rilis TIM Asep Yudha/Humas FIB)