Page Detail

Dosen Prodi Sastra Arab FIB UNS Berbagi Strategi Penulisan Artikel  di PBA UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto

Dosen Prodi Sastra Arab FIB UNS Berbagi Strategi Penulisan Artikel di PBA UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto

 Membagi sebuah pelita untuk menerangi gulita merupakan tugas masyarakat akademik, hal tersebut yang dilakukan oleh Dosen Program Studi (prodi) Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Dr. Muhammad Yunus Anis, S.S., M.A., yang menjadi narasumber dalam kegiatan Workshop Penulisan Artikel Berbahasa Arab yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto.

Kegiatan yang diadakan pada Selasa (14/05/2024) pagi ini dibuka oleh pemaparan Dr. M. Yunus Anis tentang beberapa isu yang aktual terkait penelitian. “Saya coba akan memberikan beberapa pandangan terkait isu yang aktual pada penelitian berbahasa Arab. Misalnya linguitik forensik, linguistik komputasional, linguistik korpus, linguistik terapan, linguistik landscape, analisis wacana, cyber pragmatic” paparnya.

Dr. M. Yunus Anis juga memberikan pemahaman terkait hal yang harus diperhatikan saat menyusun naskah. Seperti halnya ketentuan tentang judul, baris kepemilikan, abstrak, kata dan kata kunci, kemudian tatacara penulisan, penggunaan tanda baca, pemanfaatan catatan kaki, ilustrasi, serta tabel atau grafik.

Adapun peserta dalam kegiatan kali ini adalah Mahasiswa PBA UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto semester dua dan empat, selain Dr. M. Yunus Anis diundang juga Dr. Asep Sunarko, M.Pd. dari Universitas Sains Al-Qur’an sebagai narasumber. Kegiatan ini dihangatkan dengan sesi tanya jawab kemudian ditutup dengan foto bersama. (Humas FIB UNS)