Page Detail

Dosen Prodi S-2 Ilmu Linguistik FIB UNS  Tularkan Kemampuan Pembawa Acara dan Juranlistik di UTM

Dosen Prodi S-2 Ilmu Linguistik FIB UNS Tularkan Kemampuan Pembawa Acara dan Juranlistik di UTM

Berangkat dari visi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) yaitu memajukan peradaban, Dosen Program Studi S-2 Ilmu Linguistik FIB UNS, Dr. Wiwik Yulianti, M.Hum., menanggapinya dengan menularkan ilmunya dalam bidang jurnalistik di Fakultas Sosial Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Kegiatan bertajuk Workshop Kehumasan tersebut dilaksanakan pada Kamis (14/09/2023) di Ruang Rapat Fakultas Sosial UTM.

Kegiatan ini mengangkat tema Upgrading Skill: Public Relation, peserta terdiri dari Dosen dan Mahasiswa Fakultas Sosial UTM. Dr. Wiwik menularkan informasi pada para pesera tentang seluk beluk menjadi pembawa acara yang baik dan copy writing. Dosen yang juga praktisi kepenyiaran ini menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan pembawa acara dalam menjalankan tugas, menurutnya pembawa acara merupakan tokoh sentral dalam ombak suatu kegiatan.

Dr. Wiwik dalam materinya mengatakan bahwa pembawa acara itu layaknya pilot. “Sebagai pembawa acara kita harus paham plot sesuai  dengan urutan kegiatan. Menjadi Pembawa acara itu adalah pilot dalam kegiatan, maka berhasil dan tidaknya suatu acara tergantung dari anda. Perlu persiapan yang matang dan berdiskusi dengan penyelenggara kegiatan” paparnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan peserta pendidikan dan pelatihan dalam bidang kehumasan seperti copy writing, pembawa acara, jurnalistik, dan pengolaan konten media sosial diharapkan dapat menjadi modal hard skill para peserta untuk menambah keterampilan kehumasan yang dibutuhkan agar dapat bekerja dan menjalankan peran lebih baik untuk saat ini maupun masa depan. (Gar/Rensi)