
Dosen Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS Bimbing Kelompok 50 KKN UNS ajak PKK Desa Geneng jadi Influencer
Sadari pentingnya membangun usaha secara digital Mahasiswa Kelompok 50 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun 2025 yang dibimbing oleh Dr. Yusana Sasanti Dadtun, M.Hum. (Dosen Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS) gelar Sosialisasi Pemberdayaan Ekonomi Kreatif melalui Pemanfaatan Media Sosial di Desa Geneng, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah pada Sabtu (8/02/2025) pagi.
Sosialisasi ini diikuti oleh PKK RW 6 Desa Geneng, Kartiningsih selaku leader mengutarakan tujuan sosialisasi ini dilaksankan untuk mengajak ibu-ibu PKK menjadi seorang influencer yang mampu mempromosikan produk dan potensi lokal di platform digital. “Adapun tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini agar para ibu dapat ikut andil dalam mempromosikan produk dan potensi lokal di media sosial. Selain itu, juga diharapkan dapat menambah penghasilan melalui media sosial sebagai seorang influencer,” ungkapnya.
Kartiningsih juga mengatakan bahwa sosialisasi tersebut dilatarbelakangi karena banyaknya penduduk yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, sehingga menyengat semangat mereka untuk memanfaat media sosial sebagai wadah mendambah pemasukan keluarga dirasa sangat tepat “Di sini (Desa Geneng) banyak penduduk yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Jadi rasanya tepat jika diberikan sosialisasi pemanfaatan media sosial,” paparnya.
Mahasiswa Kelompok 50 KKN UNS berharap melalui program kerja ini, para peserta tidak hanya akan memperoleh keterampilan dalam mempromosikan produk lokal, tetapi juga membangun kepercayaan diri untuk berbagi cerita dan pengalaman mereka di platform digital. Dengan menjadikan diri mereka sebagai influencer, diharapkan mereka dapat menarik perhatian lebih banyak orang terhadap potensi produk kreatif yang dihasilkan, sekaligus meningkatkan perekonomian keluarga dan komunitas.
(Rilis Pers Kelompok 50 KKN UNS 2025/Humas FIB)