Page Detail

Dosen FIB UNS Bimbing Guru PAUD Sampai SMA Menulis Esai

Dosen FIB UNS Bimbing Guru PAUD Sampai SMA Menulis Esai

 

 

Dosen Program Studi (prodi) Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Asep Yudha Wirajaya, S.S., M.A. menjadi pembicara dalam Pelatihan Menulis Esay yang diadakan oleh Lembaga Kebudayaan PDA Sukoharjo, pada Selasa malam (31/05/2022) secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung dari kanal Youtube Aisyiyah Sukoharjo.

Asep dalam materinya yang berjudul Apa Itu Esai? menyinggung tentang sejarah esai, memberikan beberapa contoh esai, dan menjelaskan substansi esai. “Esai itu berisi tentang pandangan kehidupan pribadi mengenai berbagai hal, baik yang menyangkut pribadi maupun sosial, esai juga berisi gagasan pribadi penulis mengenai satu segi masalah yang dianggap penting, dan esai juga bisa diartikan sebagai karangan prosa yang membahas secara sepintas suatu ide penulis secara argumentatif” ungkapnya.

Dalam materinya penulis buku Estetika Puitik Kesusastraan Melayu Klasik ini menjelaskan ciri-ciri esai. Misalnya, tidak menuntut meskipun juga tidak menolak catatan kaki, nilai esai sama sekali tidak ditentukan oleh kadar ilmiahnya, walau jika penulis menguasi teori atau konsep tentang apa yang ditulis dapat menghasilkan karya masuk akal dan memberikan pencerahan.

Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa guru dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga SMA ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang cara menulis esai dengan tepat. Asep dalam materinya juga memberikan beberapa tips ampuh menulis esai agar menjadi pemenang dalam kompetisi.

“Cermati topik, lakukan riset, baca dan pahami karya juara sebelumnya, pahami pola dan struktur dengan seksama, kemudian tulis esai dengan membuat kerangkai (outline), hindari plagiarism, tajamkan gagasan, kuatkan argumen, dan bandingkan dengan esai yang sejenis” pungkas Asep (Rensi)