Page Detail

Dekan FIB Ajak Semua Peserta Apel Pagi Untuk Membangun Bersama SDM Unggul

Dekan FIB Ajak Semua Peserta Apel Pagi Untuk Membangun Bersama SDM Unggul

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali menjadi petugas apel pagi bagi seluruh pegawai di lingkungan UNS pada Senin (11/04/2022), Dekan FIB, Prof. Dr. Warto, M.Hum sebagai pembina apel mengajak bersama untuk membangun dan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, guna mewujudkan Indonesia emas jelang menapaki peradaban yang lebih maju.

Melalui Semangat Dies Natalis ke-46 UNS, Prof. Warto bercerita betapa pentingnya Perguruan Tinggi  untuk selalu berbenah guna mencetak SDM yang adaptif dengan perubahan zaman, selain itu pemahaman tentang kebersamaan mewujudkan Indonesia kuat serta dapat disejajarkan dengan bangsa-bangsa lain mesti lebih impresif lagi.

“Mari sejenak kita mengingat-ingat kembali perjalanan selama ini, renungan ini penting untuk dijadikan acuan dalam melangkah memajukan UNS di masa mendatang. Selain itu UNS juga terus berusaha berbenah meningkatkan perannya sebagai pusat pengembangan peradaban yang tinggi dan maju untuk kepentingan bangsa. Kita tahu untuk menciptakan generasi emas itu tidak mudah ada banyak tantangan yang menerpa, SDM usia produktif harus berkualitas, kompeten dalam penguasan iptek dan berkarakter dengan mempunyai wawasan kebangsaan yang baik” terang Prof. Warto. 

Prof. Warto dalam sambutannya juga membeberkan upaya Perguruan Tinggi melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang telah meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Ada delapan kegiatan Kampus Merdeka, yaitu pertukaran mahasiswa, magang, mengajar di sekolah, penelitian, proyek kemanusiaan, kewirausahaan mahasiswa, proyek mandiri, dan proyek membangun desa. Melalui program MBKM ini diharapkan kampus menjadi tempat yang tepat untuk menyemai tumbuhnya generasi emas yang berwawasan luas tetapi tetap  berkarakter sesuai dengan budaya bangsa” ujarnya.

Adapun petugas apel pagi adalah Prof. Dr. Warto, M.Hum. Dekan FIB UNS, (Pembina apel), Dr. Supana, M.Hum, Kepala Program Studi Sastra Daerah (Komandan Apel Pagi), Dr. Fitria Akhmerti Primasita, S.S., M.A. Kepala Program Studi Sastra Inggris (Pembaca Teks Pancasila), Dr. Eva Farhah, S.S., M.A. Kepala Program Studi Sastra Arab (Pembaca Naskah UUD 1945), Tri Utami, S.E Subkoordinator Subbagian Non Akademik (Pembaca Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indoensia), Dr. Arifuddin, Lc., M.A Dosen Program Studi Sastra Arab (Pembaca Doa),  dan Dinar Wahyu Damayanti, A.Md Tenaga Kependidikan Non Akademik (Pembawa acara apel). (Rensi)