Page Detail

Darmabakti Kemasindo FIB UNS, Aksi Sosial dan Berbagi Pengetahuan

Darmabakti Kemasindo FIB UNS, Aksi Sosial dan Berbagi Pengetahuan

Dewasa ini semua harus memahami bahwa makna menggilas perpecahan adalah dengan saling berbagi dan mempedulikan. Mengilhami hal tersebut Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia, Kemasindo, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret mengadakan kegiatan kemanusiaan yang biasa mereka sebut dengan Darmabakti. Darmabakti ini dilakukan di Karangnongko, Nglegok, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar selama dua hari (11-12/08/2022).

Darmabakti merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Kemasindo, menurut Lukman, ketua kegiatan, menjelaskan tema yang diangkat pada Darmabakti tahun ini. “Pada tahun ini kami mengusung tajuk Optimalisasi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Lokal. Selain berbagi, kami juga memberikan edukasi untuk memanfaatkan beberapa hasil bumi yang dapat diolah menjadi sumber penghasilan” jelasnya.

Karangnongko menjadi saksi sejarah dari kegiatan Darmabakti, Intan, salah satu anggota kemasindo yang bersua melalui aplikasi Whatsapp menerangkan beberapa kegiatan yang mereka lakukan secara terperinci. Misalnya, sosialisasi peternakan, sosialisasi pertanian, Kemasindo mengajar, Kemasindo Taman Pendidikan Al-Quran, senam pagi, dan bagi-bagi sembako.

Suraji salah satu tokoh desa merasa sangat terbantu dengan hadirnya mahasiswa di kampungnya, selain memberikan pemahaman tentang perternakan dan pertanian, berbagai kegiatan yang edukatif menambah pengetahuan anak-anak, baik bidang akademik ataupun non-akademik. “Maturnuwun sanget (terima kasih banyak) mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Kemasindo sudah memberikan kami banyak hal, ditunggu lagi kegiatan serupa di sini (Karangnongko)” ungkapnya. (Rensi)