Page Detail

Dalam Kunjungan Kearsipan,  ANRI dan FIB UNS Bahas Arsip Sebagai Memori Kolektif Bangsa

Dalam Kunjungan Kearsipan, ANRI dan FIB UNS Bahas Arsip Sebagai Memori Kolektif Bangsa

Awan merambat di langi biru Selasa tengah hari (12/07/2022) mengiringi kedatangan Tim Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS), bertempat di ruang Sidang 1 Gedung I. Suharno Dekan FIB, Prof. Dr. Warto, M.Hum. menyambut serta berharap pada ANRI dapat membantu FIB guna mengelola arsip statis yang memungkinkan nantinya untuk yang dapat diregistrasi sebagai Memori Kolektif Bangsa (MKB).

Kegiatan kali ini merupakan kegiatan kunjungan kerja kearsipan ANRI dan melaksanakan sosialisasi program Layanan Restorasi Arsip Keluarga (LARASKA). Prof. Warto dalam sambutannya mengatakan bahwa FIB mempunyai pekerjaan rumah terkait pengelolaan dan restorasi arsip. “Kami meminta saran dan arahan dari Tim ANRI terkait menyimpan dan release arsip” ungkapnya.

Deputi Bidang Konservasi ANRI, yang juga Alumni Program Studi (prodi) Ilmu Sejarah FIB UNS, Dr. Kandar, MAP, merasa berdebar kembali ke kampus dan berjanji akan membantu memberikan saran serta sistem guna pelestarian arsip di UNS. “Jujur saya merasa agak deg-degan datang ke UNS, di sini banyak histori yang selalu mengingatkan saya untuk tidak putus harap. Terkait keresahan yang disampaikan oleh bapak dekan, kami siap membantu dan memberikan saran” paparnya.

Ditambahkan juga oleh Dr. Kandar bahwa ANRI menanti langkah lanjut dengan FIB agar dapat tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama  (PKS). “Mungkin ke depan kita bisa adakan PKS, saya sangat menanti para mahasiswa magang dan peran dari Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS untuk mengolah arsip yang ada di ANRI sebagai data penelitian” imbuhnya.

Selain membahas perihal LARASKA, ANRI juga berdialog tentang sejarah bersama Tim Alumni FIB. Kepala Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS, Dr. Susanto, M.Hum mengaku siap mengakomodir PKS dengan ANRI terkait magang mahasiswa guna menggenapi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). (Rensi)