Page Detail

Bukti Budaya Tak Lekang Dimakan Zaman,  Prodi Sastra Daerah FIB UNS Gelar Lomba Nembang Macapat Tahun 2023

Bukti Budaya Tak Lekang Dimakan Zaman, Prodi Sastra Daerah FIB UNS Gelar Lomba Nembang Macapat Tahun 2023

Program Studi (prodi) Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) selalu konsisten mengadakan lomba nembang Macapat di setiap tahunnya, hal tersebut menjadi suatu bukti bahwa budaya tak pernah lekang dimakan oleh denyut zaman. Lomba Nembang Macapat Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2023 disiarkan langsung melalui kanal Youtube dan Instagram FIB UNS pada Kamis pagi (22/06/2023).

Mengangkat tema Nguri-uri Sastra lan Budaya Kangge Luhuring Bangsa, lomba ini diikuti kurang lebih 50 mahasiswa dari berbagai universitas di pulau jawa dan bali. Ketua panitia, Drs. Sisyono Eko Widodo, M.Hum., dalam sambutannya mengajak para peserta untuk semangat menghadapi kompetisi, serta menyatakan bahwa melalui mereka budaya akan terus berkibar. “Para peserta merupakan bibit unggul pelestari Macapat” tuturnya.

Rampung sambutan dari ketua panitia, Dekan FIB UNS, Prof. Dr. Warto, M.Hum. kembali menegaskan bahwa melalui lomba Macapat ini merupakan bukti fakultas selalu berupaya untuk mendorong budaya tetap bisa berbicara banyak di era modern saat ini. “Logo FIB UNS adalah Dewa Ruci, melalui hal tersebut kami (FIB UNS) ingin memvisualisasikan visi dan misi FIB yang di dalamnya mengandung dorongan untuk mengajarkan serta melestarikan nilai-nilai luhur budaya Jawa” ungkapnya.

Salah satu peserta merasa bangga ikut berkompetisi dalam lomba macapat tahun ini, menurutnya ini adalah bukti yang nyata bahwa anak muda tidak abai dengan budaya Jawa. “Saya menyukai macapat sejak masih kecil, lingkungan yang membuat saya tidak asing terhadap budaya karena itu kita sebagai generasi penerus bangsa semestinya menciptakan atmosfer yang tidak abai dengan budaya” papar Rakha, peserta sekaligus Mahasiswa FIB UNS. (Gar/Rensi)