Page Detail

Berikan Bekal Guna Peningkatan Kepemimpinan Organisasi FIB UNS Gelar Lokakarya ORMAWA

Berikan Bekal Guna Peningkatan Kepemimpinan Organisasi FIB UNS Gelar Lokakarya ORMAWA

Fakultas selalu berupaya memberikan bekal pada mahasiswa tentang pelbagai hal, salah satunya adalah pemahaman tentang aspek kepemimpinan dalam berorganisasi, hal tersebut diwujudnyatakan oleh Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan mengadakan Lokakarya Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) dalam rangka Peningkatan Kepemimpinan Mahasiswa FIB UNS.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis siang (30/03/2021) di Ruang Indraprasta UNS INN. Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FIB UNS, Prof. Dr. Tri Wiratno. M.A., membuka kegiatan ini dengan menyisipkan pesan, salah satunya adalah mengajak para peserta yang terdiri dari mahasiswa pengurus ORMAWA di FIB UNS, untuk bersama-sama mengukir kemajuan bagi fakultas.

“Kita semua mempunyai tanggung jawab yang sama untuk memajukan fakultas. Mari bersama kita belajar melalui kegiatan ini, dari kegiatan ini kita akan diajari untuk mengerti beberapa sistem yang bersifat administratif, selain itu lokakarya kali ini sebagai wadah kita belajar tentang peningkatan kepemimpinan. Mari belajar membuat kegiatan yang baik” tutur Prof. Tri.

Hadir sebagai narasumber pertama dalam kegiatan kali ini, Narno, Staff Sub bagian Kemahasiswaan UNS, membahas tentang Sistem Informasi Kinerja Tata Kelola Kemahasiswaan (SIMKATMAWA). Selain itu beliau juga menegaskan tentang fungsi dan manfaat bagi ORMAWA yang tertib administrasi.

“ORMAWA tertib administrasi merupakan kunci pokok keberhasilan penyelenggaraan suatu organisasi dalam mencapai tujuan. Manfaatnya sendiri mempermudah monitoring dan evaluasi terkait capaian mutu suatu kegiatan, mempermudah rekapitulasi data dan pengarsipan bukti dukung kegiatan yang dilakukan” jelas Narno.

Mengetahui bersama bahwa aspek administrasi menjadi hal penting, bahkan menjadi bekal utama bagi suatu organisasi menggelar kegiatan yang sistematis dan baik. Berkaca dari ungkapan tersebut Koordinator Tata Usaha FIB UNS, Arif Farida Tri Rejeki, S.Pd., M.Si., bersama Sub Koordinator Akademik FIB UNS, Ida Nurcahyo, S.Sos., menjelaskan dengan detail terkait Administrasi dan Tata Persuratan Kegiatan Ormawa.

Pemaparan di tutup oleh Sub Koordinator Non Akademik FIB UNS, Tri Utami, S.E. bersama Bendahara FIB UNS, Rita Hindrawati, S.S.  yang menjabarkan tentang cara pembuatan Term of Reference (TOR) dan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dalam sebuah rangkaian kegiatan. Melalui pemaparannya Tri Utami mengatakan Indikator perencanaan yang baik dapat dilihat dari beberapa hal yaitu tercapainya KPI/IKU yang telah direncanakan, terserapnya dana yang dianggarkan secara efektif dan efisien, dan persentase rendahnya revisi anggaran yang telah dilakukan. Oleh karena itu, buatlah perencanaan sebaik mungkin, dan jadikan TOR yang telah disusun sebagai acuan pelaksanaan kegiatan kemudian pertanggungjawabkan setiap detail biaya yang dikeluarkan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini UNS mengacu pada Peraturan Rektor UNS No.44 Tahun 2022 Tentang Pedoman Pertanggungjawaban Pengelolaan Dana UNS.

Sebelum rampung kegiatan dihangatkan dengan sesi pertanyaan dari para peserta, melalui lokakarya ini diharapkan para pengurus ORMAWA dapat belajar secara detail terkait sistem administrasi dan kemampuan untuk mengelola sebuah organisasi yang lebih baik. Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama antara peserta dengan narasumber. (Gar/Rensi)