Page Detail

Bahas Primbon, Dosen Prodi Sastra Indonesia Menjadi Narasumber di Jagongan RRI

Bahas Primbon, Dosen Prodi Sastra Indonesia Menjadi Narasumber di Jagongan RRI

Dosen Program Studi (prodi) Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof. Dr. Bani Sudardi, M.Hum. menjadi narasumber dalam Jagongan Radio Republik Indonesia, Surakarta pada Jumat (07/06/2023). Kegiatan ini terwujud berkat kerja sama antara FIB UNS dengan RRI Surakarta, dalam kegiatan kali ini Prof. Bani mengupas materi tentang Peran Kitab Primbon Betal Jemur Adam Makna Sebagai Dokumen Tradisi Pengobatan Nusantara.

Membuka perbincangan dengan renyah Prof. Bani kemudian menyinggung tentang pentingnya primbon Betal Jemur Adam Makna, menurut beliau ilmu atau teori yang berada dalam primbon itu penting bagi kehidupan manusia. “Dalam primbon tersebut terdapat 337 bab yang di dalamnya memuat tentang ilmu-ilmu Jawa” ungkapnya.

Prof. Bani dalam pemaparannya juga menambahkan cerita tentang sejarah Betal Jemur Adam Makna. Lugas beliau mengatakan bahwa primbon ini adalah serial yang dimiliki oleh Patih Kesultanan Yogyakarta.“Kitab primbon ini dimiliki oleh Patih Kesultanan Yogyakarta bernama Harya Cakraningrat. Kitab ini sangat populer di Indonesia dan sudah dicetak berkali-kali” imbuhnya.

Dosen pengampu mata kuliah foklor tersebut juga menceritakan secara terperinci asal usul primbon yang isinya beliau kupas dan sampaikan pada pendengar RRI Surakarta. Nama sebenarnya adalah kitab Adamakna  kemudian diberi tambahan awal sesuai isinya, Betal Jemur, artinya dalam bahasa Arab, yaitu Bait Al Jumhur yang dalam bahasa Indonesia berarti rumah para cerdik pandai (jumhur ulama). Kitab Adamakna adalah kitab mitologis yang terdapat dalam kisah Menak Sarehas. (Gar/Rensi)