Page Detail

Ayuni Diah Melani, Mahasiswa Sastra Daerah FIB UNS  Raih Juara I LKTIN UPI, Bandung

Ayuni Diah Melani, Mahasiswa Sastra Daerah FIB UNS Raih Juara I LKTIN UPI, Bandung

Kabar gembira datang dari prodi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya, UNS, pasalnya mahasiswanya mendapatkan juara I Lomba karya Tulis Ilmiah Nasional  (LKTIN) UPI Creative-Educative Inovative (UPICREV) UPI, Bandung, diumumkan secara virtual memaluli akun Instagram UPICREV pada Rabu (02/12/2020). Ayuni Diah Melani mahasiswa Sastra Daerah angkatan 2018 ini mengaku terus tertantang untuk berkreasi dan berinovasi,  hal tersebutlah yang menuntunya mampu meraih hasil maksimal dalam lomba ini adalah.

LKTIN UPI, Bandung ini mengangkat tema “Optimalisasi Peran Pemuda dalam Menghadapi Tantangan Global untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045”. Adapun esai Ayuni berjudul DASANAMANE: Inovasi Pemertahanan Kosakata Bahasa Jawa pada Generasi Milenial melalui Aplikasi Sinonim Jawa Berbasis Android, dalam tulisan mahasiswa yang gemar membaca novel ini mengandung suatu aspek, pengenalan dan pelestarian kosa kata bahasa Jawa. Menurutnya ditemaramnya pandemi Covid-19 saat ini, jangan padam dalam berkreasi, selain itu  kunci utama karya Ayuni menjadi yang terbaik adanya inovasi di dalamnya.

“Dalam esai saya coba mengenalkan kosa kata dalam bahasa Jawa, dari pengenalan tersebut optimis bahasa Jawa akan lestari dan  mampu dikenal seluruh masyarakat Indonesia. Dewasa ini perkembangan gaget  sudah sangat pesat,  seluruh masyarakat mungkin juga sudah memakai android, saya coba berinovasi memperkanalkan sesuatu yang sifatnya tradisional, dikemas dengan modern dan kekinian, melalui DASANAMANE, aplikasi sinonim bahasa Jawa berbasis android. Saat ini memang pandemi namun kita harus tetap berkreasi” terang Ayuni.

Selain dua faktor tersebut, Ayuni juga selalu menaruh sebuah target pencapaian dalam kinerjanya. Target tersebut memacunya untuk terus bergerak dan berkembang. “Tentukan target, lakukan hal-hal yang sekiranya mendukung apa yang kamu targetkan, mencari wadah atau tempat bernaung untuk mengembangkan targetmu. Setelah itu geluti bidangmu secara sungguh-sungguh agar apa yang ditargetkan tercapai” jelasnya.

Motivasi tertuang dalam ungkapan mahasiswa kelahiran Magetan ini, menurutnya mahasiswa adalah titik tumpu kemajuan bangsa dimasa mendatang, patutlah untuk terus berkarya dan menorehkan prestasi yang bersinar. “Mahasiswa adalah tonggak perubahan, ujung tombakk peradaban bangsa. sebagai mahasiswa sudah sepantasnya kita menjadi agent of change untuk masa depan negeri yang lebih unggul dan bermatabat. Maka teruslah berkarya dan torehlan prestasi yang membanggakan negeri” pungkas Ayuni.  (Rensi)