Page Detail

Anggun Namun Juara Taekwondo: Viola Yngwie Oriordan  Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia FIB UNS

Anggun Namun Juara Taekwondo: Viola Yngwie Oriordan Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia FIB UNS

Hitam putih perjalanan zaman yang semakin dinamis terkadang memotret sudut gelap, ketika perempuan kerap menjadi korban pelecehan seksual, berangkat dari keresahan tersebut Viola Yngwie Oriordan, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS), sejak duduk di bangku Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) Yngwie mempelajari cabang olahraga beladiri Taekwondo. Berangkat dari ketekunannya berlatih mahasiswa angakatan 2020 ini berhasil memperoleh Juara II Kategori Kyorugi U-67 Dalam Home Tournament yang diadakan oleh Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Taekwondo UNS

Obrolan hangat mengenai prestasi Yngwie yang dilakukan secara daring melalui Whatsapp (26/12/2022), menyeruak berbagai informasi dan motivasi. Ambil saja semangat dara kelahiran Boyolali ini, dari rutin latihan dan triknya menjaga kebugaran menjadi salah satu kuncinya menyabet prestasi. Mengetahui bersama bahwa saat ini olahraga beladiri memiliki berbagai cabang disiplin, misalnya Karate, Kempo, Judo, Silat, dan sebagainya. Namun Yngwie memilih taekwondo karena dianggap seru dan menarik.

“Menurut saya Taekwondo adalah olahraga beladiri paling seru karena sarat dengan gerakan-gerakan yang energik dan akrobatik. Selain itu disetiap daerah pasti kita sangat mudah menemukan tempat latihan (dojang), banyak opsi tinggal bagaimana kita olah waktu serta kesehatan agar latihan bisa maksimal” kata Yngwie.

Sebagai mahasiswa aktif, Yngwie juga membeberkan caranya mengelola waktu antara latihan dan belajar atau tanggung jawab sebagai mahasiswa. “Saya memiliki prinsip untuk tidak menunda-nunda sesuatu, misalnya tugas kuliah ataupun tugas sebagai anggota organisasi harus segera diselesaikan. Hal itulah yang meringankan saya menjalani kesibukan lain diluar kewajiban saya menjadi mahasiswa” paparnya.

Event Home Tournament Ormawa Taekwondo UNS ini adalah salah satu kegiatan yang dinantikan oleh masyarakat, turnamen ini merangkul seluruh mahasiswa yang ada di Surakarta untuk saling “bertempur” dan menunjukkan secara maksimal hasil latihan mereka (04/12/2022). Kegiatan mengambil tempat di Gedung Student Center UNS dengan peserta mencapai 70 atlet. (Rensi)