Page Detail

Akusara Iringi Langkah Riuh di Stasiun Balapan Solo dengan Musik Akustik

Akusara Iringi Langkah Riuh di Stasiun Balapan Solo dengan Musik Akustik

Berawal dari memiliki kecintaan yang sama dengan dunia musik beberapa mahasiswa Program Studi (prodi) Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) membangun grup musik akustik bernama Akusara (Akustik Sastra Daerah) (14/02/2023). Melesat berkarya Akusara membumbui padat riuhnya Stasiun Balapan Solo dengan musik akustik yang apik pada jelang senja di Minggu  (14/01/2024). Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kerja sama yang terjalin antara UNS dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero).

Rasa bangga berbalut senang tidak bisa tertutupi dari raut wajah setiap anggota Akusara, dendangan musik mengalun dengan harmonis menambah kesan syahdu sebagai penghantar perjalanan para penumpang kereta sejak pukul 16.00 sampai 19.00. Yasmin, Basis Akusara, mengaku ada sedikit rasa nervous pasalnya banyak penonton.

“Kami merasa berterimakasih pada UNS karena mendapatkan kesempatan yang baik ini, mengingat Akusara merupakan grup musik kedua yang dapat tampil di sini (Stasiun Balapan Solo), sebelumnya orchestra dari musisi hebat tanah air, Addie MS. Bangga sekali namun rasa grogi juga menyelimuti karena penonton sangat banyak” tuturnya.

Mahasiswa Prodi Sastra Daerah FIB UNS angkatan 2021 tersebut juga membeberkan gagasan dan maksud dari beberapa lagu yang dipilih dan dinyanyikan. Akusara memilih lagu berbahasa Jawa dengan aransemen akustik, menurut Yasmin pemilihan lagu tersebut memang selaras dengan prinsip dari Akusara, mereka ingin mengenalkan lagu-lagu berbahasa Jawa namun dibalut musik dengan genre pop. “Ini merupakan cara kami melestarikan budaya dengan cara yang lebih dinamis dan kekinian. Lagu Jawa tidak selalu harus disajikan dengan musik dangdut atau campursari bisa dengan genre lain” papar Yasmin.

Adapun anggota dari Akusara terdiri dari Elfa Astriyana vokalis, Nararya Raditya Nathan gitaris, Ivan Ega Kusuma keyboardis, Yuniko Windu Saputra kajon, dan Yasmin Khairunnisa basis. Akusara akan melagu kembali di Stasiun Balapan Solo di waktu yang sama pada Minggu pekan depan (21/01/2024). (Gar/Rensi)