Page Detail

Ajarkan Penggunaan Bahasa Jawa yang Baik,  Grup Riset Linguitik Jawa Sastra Daerah FIB Adakan Penyuluhan di Pajang

Ajarkan Penggunaan Bahasa Jawa yang Baik, Grup Riset Linguitik Jawa Sastra Daerah FIB Adakan Penyuluhan di Pajang

Grup Riset Linguistik Jawa Program Studi (prodi) Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS), melakukan pengabdian masyarakat dengan menggelar Penyuluhan Pengunaan Bahasa Jawa yang Baik dan Benar Terhadap Masyarakat pada Rabu (02/06/2022) di Pendapa Kelurahan Pajang, Laweyan, Surakarta. Kegiatan ini menghadirkan Prof. Dr. Sumarlam, M.S. dan Drs. Imam Sutarjo, M.Hum. sebagai narasumber, keduanya merupakan Dosen Sastra Daerah FIB UNS yang mengampu matakuliah linguistik Jawa.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Drs. Y. Suwanto, M.Hum. ini dihadiri oleh para tokoh masyarakat di Kelurahan Pajang. Sementara Kepala Prodi Sastra Daerah FIB UNS, Dr. Supana, M.Hum. dalam sambutannya mengatakan bahwa bahasa Jawa harus kita cintai. “Saya mengamati bahwa kecintaan generasi penerus  memahami bahasa Jawa saat ini sangat kurang, mari kita bersama kembali memupuk kecintaan dengan menggunakan bahasa di keluarga” ungkapnya.

Suasana menjadi cair dengan kumandangnya tembang yang menghibur dari Imam Sutarjo. Dosen yang juga berprofesi sebagai dalang tersebut mengawali materinya dengan beberapa macam tembung dalam bahasa Jawa. “Pertama tembung dwi warna contohnya tangan, asta, rambut, rikma, kedua tembung tri warna contohnya mangan (makan) nedha, dhahar, dan tembung catur warna contohnya takon (tanya) taken, tanglet, nyuwun pirsa.” jelasnya.

Penyuluhan ini dilaksanakan dari dasar pemikiran bahwa pelestarian dan pengembangan bahasa Jawa sebagai bahasa ibu bagi orang Jawa. Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan memberikan pemahaman serta pengetahuan terhadap masyarakat. Dari penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang penggunaan bahasa Jawa yang selayaknya. (Rensi)