Page Detail

Adik Liman Diajak Dosen FIB UNS Untuk Tanamkan Rasa Peduli

Adik Liman Diajak Dosen FIB UNS Untuk Tanamkan Rasa Peduli

Pengabdian kepada masyarakat sebag ai salah satu aspek untuk menggenapi program Tri Dharma Perguruan Tinggi, hal berikut yang dilakukan oleh Dosen Program Studi (prodi) Sastra Indonesia Fakaultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Asep Yudha Wirajaya, S.S., M.A. bergabung dengan Pusat Pengkajian Kebijakan Daerah dan Kelembagaan (PPKDK)-LPPM UNS, mensosialisasikan gerakan Adik Liman (Anak Didik Peduli Teman) secara komprehensif pada guru SD dan SMP di Kabupaten Sragen (16-17/06/2022).

Adik Liman bertujuan untuk memberikan edukasi pada para siswa agar mereka lebih peduli dan peka terhadap teman. “Implementasi dari program ini adalah untuk menumbuhkan nilai-nilai kepedulian dan gotong royong diantara siswa. Nilai-nilai  tersebut merupakan pengejawantahan profil pelajar Pancasila” ungkap Asep.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen ini menampung beberapa pendapat guru terkait upaya mereka menanamkan rasa gotong royong. Asep dalam pemaparannya juga menyinggung tentang rencana pembelajaran dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka. “Saya akan menjabarkan beberapa pemahaman terkait Kurikulum Merdeka, antara lain filosofi kurikulum, regulasi, struktur kurikulum, capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, dan rencana pembelajaran” paparnya.

Dalam kegiatan ini Asep berpasangan dengan Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, Dr. Leny Noviani, S.Pd.,M.Si. keduanya saling gayung bersambut memberikan informasi terkait kepedulian, gotong royong, dan menanamkan sikap empati pada siswa. Antusias peserta terekam ketika  mereka runtut mengikuti simulasi model asesmen formatif  dan aktif memberikan tanggapan. (Rensi)