Page Detail

Adaptif Menghadapi Tantangan, FIB UNS tak Gentar Persiapkan Sarana Prasarana bagi Peserta UTBK dengan Keterbatasan

Adaptif Menghadapi Tantangan, FIB UNS tak Gentar Persiapkan Sarana Prasarana bagi Peserta UTBK dengan Keterbatasan

Kita tidak pernah mengetahui kapan mendung akan datang, rezeki dan musibah semua Tuhan yang mengetahuinya. Asanda Cahya Nandita Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) Tahun 2023 terpaksa harus mengerjakan ujian dengan berbaring di tandu medis di Ruang Sidang 1 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) (12/05/2023), karena mengalami kecelakaan tunggal di Karangpandan, Karanganyar. Mohamad Echsanudin, orang tua dari Asanda, mengaku sangat berterimakasih karena panitia sudah menyedikan sarana dan prasarana yang layak untuk putrinya.

Asanda pada Rabu petang (10/05/2023) terpelanting dari motornya setelah survey lokasi pelaksanaan UTBK. Dara lulusan SMA Negeri Karangpandan itu harus dirawat intensif di Rumah Sakit Daerah Karanganyar. Namun semangat dan kegigihan Asanda perlu kita ambil sebagai contoh, kendati merasakan nyeri yang menyiksa, tubuh terpaku, dan  terbatas mobilitas, dia tetap maju di medan perang untuk menuju mimpinya.

“Saya sempat berembuk sekeluarga untuk menunda dulu mengikuti UTBK-SNBT karena masih ada jalur yang lain. Namun dia (Asanda) menolak, dengan berlinang air mata dia mengatakan tetap ingin berusaha mengikuti ujian. Tersengat semangat Asanda yang membara saya mencoba menghubungi pihak UNS, apakah bisa peserta dengan beberapa keterbatasan difasilitasi? Air mata saya tumpah kala mendengar jawaban yang positif dari panitia” ungkap Mohamad Echsanudin.

FIB UNS siap sambut  peserta walau alami berbagai keterabatasan dengan mempertimbangkan ketentuan dari Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), papar Koordinator Tata Usaha FIB UNS, Arif Farida Tri Rejeki, S.Pd., M.Si.. Setelah menerima kabar dari Tim Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS terkait kondisi Asanda, Arif Farida berembuk dengan Tim SPMB FIB kemudian menyiapkan perlengkapan untuk memberikan kelayakan bahkan kenyamanan yang sama pada Asanda. “Kami menata Ruang Sidang 1 FIB UNS untuk Asanda mengikuti UTBK dengan merujuk pada ketentuan yang ditetapkan, menyiapkan meja dengan rongga yang agak tinggi agar sela kaki mejanya bisa diisi tandu medis, dan memastikan perangkat komputer serta jaringan secara maksimal.” tuturnya.

Era modern saat ini kampus berbenah dengan sangat pesat dari pelbagai aspek, salah satunya sarana dan prasarana. Karena itu baik dalam kondisi apapun fakultas harus adaptif, selain itu kampus harus menjadi pelayan yang baik untuk masyarakat. Melalui Asanda kita bisa mengambil makna semangat dan kekokohan hati menuju mimpi, serta kampus sebagai tuan rumah ujian harus sigap menerima segala kemungkinan. (Gar/Rensi)