Page Detail

S-1 Sastra Indonesia

S-1 Sastra Indonesia

Program Studi Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret adalah salah satu dari delapan jurusan di Fakultas Ilmu Budaya UNS. Prodi ini berdiri sejak 11 Maret 1976. Sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 tahun 1976. Sesuai dengan disiplin ilmu yang dikembangkan, fungsi lembaga ini menghasilkan lulusan peserta didik yang handal dalam bidang Sastra Indonesia dengan spesialisasi bidang linguistik, sastra, dan filologi Indonesia/ Melayu

Visi

Menjadi program studi yang maju, unggul, dan terpercaya pada tingkat nasional dan internasional dalam ilmu sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang bertumpu pada budaya nasional terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa.   

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang mengedepankan suasana akademik yang sehat, demokratis, terpadu antara kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, memanfaatkan teknologi dan informasi mutakhir (information, communication, technology) yang dilandasi nilai-nilai budaya nasional terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang berorientasi pada pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan kesenian, untuk menjawab permasalahan masyarakat. 
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu serta pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bahasa Indonesia yang berorientasi pada pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia.

Tujuan 

  1. Berdasarkan visi dan misi tersebut di atas, maka Jurusan Sastra Indonesia mempunyai tujuan sebagai berikut:
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang sastra, linguistik, dan filologi.
  3. Menghasilkan penelitian dalam bidang sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang berskala nasional dan internasional.
  4. Menghasilkan gagasan intelektual dalam bidang sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang berskala nasional dan internasional.
  5. Menghasilkan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang berskala nasional dan internasional.
  6. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bahasa Indonesia yang berorientasi pada pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia.

Program Unggulan Sastra Indonesia 

Program Unggulan Jurusan Sastra Indonesia yaitu mengembangkan ilmu Linguistik, Sastra, dan Filologi Bahasa Indonesia, serta menyelenggarakan