Program Studi Detail

S1 Sastra Inggris

S1 Sastra Inggris

Program Studi Sastra Inggris berdiri sejak 11 Maret 1976 bersamaan dengan berdirinya Universitas Sebelas Maret. Sesuai dengan disiplin ilmu yang dikembangkan, fungsi lembaga ini menghasilkan lulusan yang berkemampuan handal dalam bidang Bahasa dan Sastra Inggris dengan spesialisasi keilmuan di bidang sastra, linguistik, kajian Amerika dan penerjemahan.

Program Studi Sastra Inggris pada saat ini telah melaksanakan beberapa kegiatan peningkatan relevansi, peningkatan efisiensi dan produktivitas, peningkatan suasana akademik, dan peningkatan manajemen internal. Kegiatan ini ditargetkan bahwa dalam setiap tahun dapat meningkatkan indikator kinerja utama, yang meliputi:

(1) meningkatnya jumlah lulusan yang rata-rata lama studinya semakin pendek,

(2) meningkatnya nilai IPK lulusan,

(3) meningkatnya skor SBMPTN mahasiswa baru, dan

(4) meningkatnya jumlah lulusan yang memperoleh pekerjaan dalam waktu lebih singkat.

 

1.   Visi

“Menjadi program studi yang maju, unggul dan terpercaya di bidang Ilmu Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Penerjemahan, dan Kajian Amerika dengan bertumpu pada nilai-nilai luhur budaya bangsa dan bermanfaat di tataran nasional dan internasional.”

 

2.   Misi

a.     Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang Ilmu Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Penerjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya, dan Kajian Amerika dalam rangka membentuk mahasiswa berkarakter luhur, mampu berpikir dan bertindak profesional, dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

b.    Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian ilmiah di bidang Ilmu Bahasa dan Sastra Inggris, Imu Penerjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya; dan Kajian Amerika dan mendiseminasikan hasilnya dalam pendidikan dan pengajaran serta melalui forum ilmiah, baik di tingkat nasional maupun internasional.

c.     Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu memecahkan masalah dan meningkatkan kualitas masyarakat di bidang Ilmu Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Penerjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya, dan Kajian Amerika

 

3.   Fasilitas

Mahasiswa bisa menggunakan fasilitas yang ada di universitas, fakultas, maupun Prodi berupa Perpustakaan Universitas, Laboratorium Bahasa dan Ruang Multimedia sebagai sarana pembelajaran bahasa. Di samping itu, mahasiswa juga bisa memanfaatkan fasilitas UPT Pusat Pengembangan Bahasa untuk belajar dengan berbagai media pembelajaran termasuk audio visual.

Dosen Pengajar

No. Nama Deskripsi Foto
1. Dr. Fitria Akhmerti Primasita, S.S., M.A. Kepala Program Studi Foto Dosen

Program Studi Lainnya

news-fib

S1 Sastra Daerah

Program Studi
news-fib

S1 Sastra Indonesia

Program Studi
news-fib

S1 Ilmu Sejarah

Program Studi
news-fib

S1 Sastra Arab

Program Studi
news-fib

S2 Linguistik

Program Studi