Prodi Detail

S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok

S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok

Pada tanggal 11 Maret 2018 UNS telah menandatangani Nota Kesepakatan Kerjasama Internasional dengan Xihua University di bidang pendidikan, seperti pertukaran pelajar dan dosen, kegiatan kebudayaan Summer/Winter camp, kolaborasi penelitian, dan lain-lain. Dengan mengacu pada aktivitas kerjasama yang telah ada, Universitas Sebelas Maret berharap dapat mengembangkan kerjasama ke arah yang lebih luas lagi, yakni bekerja sama dengan Xihua University yang dijembatani oleh Pusat Bahasa Mandarin untuk memperkuat dan mendukung ajuan pembukaan Program Studi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya UNS.

Pusat Bahasa Mandarin (PBM) merupakan salah satu kebijakan Pemerintah Tiongkok untuk mendukung perkembangan pendidikan bahasa Mandarin di seluruh dunia. Lembaga ini mengabdikan diri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari berbagai negara dan wilayah di dunia yang memiliki keinginan belajar bahasa Mandarin dan meningkatkan pemahaman mengenai bahasa dan budaya Tionghoa oleh masyarakat dari negara tersebut. Maksud dari kerjasama pendirian S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok ini ialah sebagai sarana dalam mempromosikan keistimewaan dari Pusat Bahasa Mandarin UNS yang mengutamakan pendidikan Bahasa Mandarin dan pertukaran budaya Tiongkok kepada masyarakat melalui jenjang perguruan tinggi, serta menghasilkan SDM yang berkualitas di segala bidang, baik dari segi keilmuan, teknologi, penerjemahan, bisnis, pendidikan, dan hubungan masyarakat.

Salah satu pertimbangan pendirian S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok adalah karena di Indonesia baru ada tiga universitas yang membuka program studi dengan jurusan seperti ini, yaitu Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, Universitas Darma Persada (UNSADA), dan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Jakarta. Letak kota Solo yang strategis di antara dua kota penting yaitu Semarang dan Yogyakarta memberikan kontribusi tersendiri bagi mobilitas dan sekaligus menambah wawasan tentang budaya Jawa dan Bashu bagi calon mahasiswa.

Perintisan Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok ini didahului dengan diselenggarakannya Seminar Kebudayaan Jawa dan Bashu. Terdapat hubungan yang erat antara Budaya Jawa dan Bashu, seperti kultur budaya yang dipengaruhi oleh masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai. Di samping itu, adanya perkampungan Tionghoa di Solo, di mana akulturasi budaya yang kental terjadi dalam bentuk perayaan Cap Go Meh/ Grebeg Sudiro, makanan khas Tiongkok, serta perkawinan campur antara orang Jawa dengan Tionghoa, dll. Pada tahun 2004, dipelopori oleh Perkumpulan Masyarakat Tionghoa (Hoo Hap) di Solo bersama dengan Universitas Sebelas Maret mempelopori berdirinya Prodi D-3 Bahasa Mandarin yang hingga saat ini telah berusia 17 tahun.

Kemudian saat ini melalui dukungan dari berbagai pihak, seperti Xihua University, Kedutaan Besar Tiongkok untuk Republik Indonesia, Perkumpulan Masyarakat Tionghoa di kota Solo, dan alumni Prodi D3 Bahasa Mandarin UNS, diharapkan pendirian Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya UNS dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat kepada masyarakat dan mempererat hubungan diplomatik antara Indonesia-Tiongkok. Dengan mengikuti prinsip saling menghormati, saling bernegosiasi dengan ramah, dan saling menguntungkan. Xihua University berkomitmen mengembangkan dan memfasilitasi pengajaran bahasa Mandarin bersama UNS dan mempromosikan pertukaran budaya dan kerjasama antara negara Tiongkok dan komunitas internasional lainnya.

Hal lain yang mendasari pentingnya pengajuan program studi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok FIB UNS ini adalah masih langkanya universitas-universitas Indonesia yang membuka prodi ini padahal kebutuhannya sudah sangat mendesak dan permintaannya sudah sangat tinggi. 

Dosen & Staff

No. Nama Deskripsi Foto
1. Dr. M. Bagus Sekar Alam, S.S., M.Si. Kepala Program Studi Foto Dosen

Prodi Lainnya

news-fib

S1 Sastra Daerah

news-fib

S1 Sastra Indonesia

news-fib

S1 Sastra Inggris

news-fib

S1 Ilmu Sejarah

news-fib

S1 Sastra Arab