Prodi Detail

S1 Sastra Indonesia

S1 Sastra Indonesia

Program Studi Sastra Indonesia sejak tahun  1976 telah mengelola tiga bidang: Lingustik, Sastra, dan Filologi. Mahasiswa  dapat  memilih salah satu dari ketiga bidang tersebut  pada  Semester  V. Dengan pemilihan ketiga bidang ini, mahasiswa diharapkan  lebih siap dan lebih dapat  bersaing dalam menghadapi lapangan  kerja ketika mereka lulus.

Program Studi Sastra Indonesia pada saat ini telah melaksanakan beberapa  kegiatan peningkatan relevansi, peningkatan  efisiensi dan produktivitas, peningkatan  suasana akademik,  dan peningkatan manajemen internal. Kegiatan ini ditargetkan  bahwa  dalam setiap tahun  dapat  meningkatkan indikator kinerja utama,  yang meliputi: (1) meningkatnya  jumlah lulusan yang rata-rata  lama studinya semakin pendek,  (2) meningkatnya  nilai IPK lulusan, (3) meningkatnya  skor SBMPTN mahasiswa baru, dan (4) meningkatnya  jumlah lulusan yang memperoleh  pekerjaan  dalam waktu lebih singkat. 

Visi

“Menjadi Prodi yang maju, unggul dan terpercaya  pada tingkat internasional  dalam ilmu sastra Indonesia,  linguistik Indonesia,  dan filologi Melayu yang bertumpu  pada budaya nasional terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa.”

 Misi

a.  Menyelenggarakan  pendidikan di bidang ilmu sastra  Indonesia,  linguistik Indonesia,  dan filologi Melayu yang mengedepankan suasana akademik yang sehat,  demokratis,  dan terpadu  antara kegiatan kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra kurikuler, memanfaatkan teknologi dan informasi mutakhir yang dilandasi oleh nilai-nilai budaya nasional terutama  nilai-nilai luhur budaya Jawa yang terakreditasi  internasional.

b.   Menyelenggarakan  penelitian di bidang sastra  Indonesia,  linguistik Indonesia,  dan filologi Melayu yang berorientasi pada pengembangan pendidikan  dan pengabdian  kepada masyarakat, serta pengembangan ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan kesenian yang terindeks internasional.

c.    Menyelenggarakan  pengabdian  kepada  masyarakat  dalam bidang sastra  Indonesia,  linguistik Indonesia,  dan filologi Melayu serta dalam bidang bahasa dan budaya Indonesia yang diakui secara  internasional.

Tujuan 

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif, dan inovatif dalam bidang ilmu sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang mampu memanfaatkan teknologi dan informasi mutakhir.
  2. Menghasilkan penelitian yang inovatif, kreatif, dan produktif dalam bidang ilmu sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang adaptif, inovatif, dan implementatif.

Profil Lulusan

1. Ahli Sastra Indonesia

  • Ahli sastra yang menguasai berbagai teori sastra, kritik sastra, dan sejarah sastra Indonesia.
  • Ahli sastra yang memiliki kemampuan untuk menjelaskan fenomena sastra Indonesia dan persoalanpersoalan kesastraan Indonesia, serta memiliki kemampuan mengulas, mengapresiasi, dan menginterpretasikan karya sastra Indonesia.

2. Ahli Linguistik Indonesia

  • Linguis yang memiliki kemampuan untuk menjelaskan fenomena dan persoalan linguistik Indonesia.
  • Linguis yang memiliki kemampuan untuk menerapkan berbagai teori linguistik dalam memecahkan persoalan kebahasaan di Indonesia.

3. Ahli Filologi Melayu

  • Filolog yang memiliki pengetahuan filologi Melayu, baik teori maupun terapan, sehingga dapat mengaplikasikan pengetahuan filologi Melayu untuk menjawab persoalan-persoalan pernaskahan.
  • Filolog yang menguasai digitalisasi naskah, preservasi dan konservasi naskah
  • Filolog yang memiliki kemampuan untuk menjelaskan persoalan-persoalan kultur Melayu dan keterkaitannya dengan jejaring naskah/teks Nusantara

4. Penulis kreatif

Penulis kreatif yang mempunyai kemampuan untuk menulis karya sastra, menulis skenario, menulis profil lembaga  dan instansi dengan bahasa Indonesia yang benar dan memikat, membuat isi laman atau media digital, membuat video dengan basis bahasa Indonesia, menulis biografi atau cendera mata berbasis bahasa Indonesia, menulis naskah, baik naskah iklan, film pendek, film dokumenter, maupun resensi.

5. Jurnalis

Jurnalis yang menguasai materi jurnalistik sehingga mampu menulis berita dengan bahasa Indonesia yang benar, mampu mengedit berita sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

6. Pelaku Industri

Kreatif berbasis bahasa Indonesia Pelaku industri kreatif yang mampu memecahkan dan memberi terobosan pada industri penerbitan, majalah digital, laman digital, terutama terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia yang benar.

7. Editor/penyelia bahasa Indonesia

Editor atau penyelia bahasa Indonesia yang memahami seluk-beluk pengeditan bahasa, baik di media elektronik, media cetak, dan media digital.

8. Tentor bahasa dan Sastra Indonesia

Pengajar yang memahami ilmu bahasa dan sastra Indonesia guna disampaikan di lembaga bimbingan belajar dan diajarkan untuk orang asing.

9. Ahli/praktisi retorika publik

Praktisi pembawa acara, pembaca berita (radio, televisi, dan media digital), presenter, penyiar (di radio, televisi, dan media digital), moderator, motivator, trainer/pelatih yang menguasai masalah materi retorika publik.

10. Tenaga ahli bahasa Indonesia

Staf ahli bahasa dan konsultan bahasa yang memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang benar sehingga dapat digunakan untuk memecahkan masalah kebahasaan di berbagai lembaga, penerjemah yang memiliki kemampuan menerjemahkan dokumen bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia, serta saksi ahli bahasa yang dapat memecahkan masalah bahasa di peradilan.

11. Dosen/akademisi

Dosen atau tenaga pendidik yang memahami seluk-beluk ilmu bahasa dan sastra Indonesia.

12. Peneliti

Peneliti yang mampu merumuskan, menganalisis dan mengkaji permasalahan di bidang sastra, linguistik, dan filologi yang terdapat di berbagai lembaga penelitian, baik Pemerintah dan swasta

13. Wirausahawan

Wirausahawan yang mampu bertanggung jawab dalam Pengelolaan suatu unit usaha.

Kurikulum

mata kuliah semester 1-4

semeter 5

semester 6

semester7

Dosen & Staff

No. Nama Deskripsi Foto
1. Dr. Dwi Susanto, S.S., M.Hum. Kepala Program Studi Foto Dosen
2. Rianna Wati, SS., MA. Tenaga Pendidik Foto Dosen
3. Bagus Kurniawan, SS., MA Tenaga Pendidik Foto Dosen
4. Dr. Miftah Nugroho, M.Hum. Tenaga Pendidik Foto Dosen
5. Dr. Hanifullah Syukri, M.Hum. Tenaga Pendidik Foto Dosen
6. Drs. Albertus Prasojo, M.Sn Tenaga Pendidik Foto Dosen
7. Asep Yudha Wirajaya, SS., MA. Tenaga Pendidik Foto Dosen
8. Dra. RR Chattri Sigit Widyastuti, M.Hum. Tenaga Pendidik Foto Dosen
9. Dr. Henry Yustanto, M.A. Tenaga Pendidik Foto Dosen
10. Dr. FX Sawardi, M.Hum. Tenaga Pendidik Foto Dosen
11. Prof. Dr. Istadiyantha, M.S Tenaga Pendidik Foto Dosen
12. Dra. Rumtini, M.Ed., Ph.D. Tenaga Pendidik Foto Dosen
13. Prof.Dr. Bani Sudardi, M.Hum. Tenaga Pendidik Foto Dosen
14. Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum. Tenaga Pendidik Foto Dosen

Prodi Lainnya

news-fib

S1 Sastra Daerah

news-fib

S1 Sastra Inggris

news-fib

S1 Ilmu Sejarah

news-fib

S1 Sastra Arab

news-fib

S2 Linguistik