Prodi Detail

S1 Sastra Arab

S1 Sastra Arab

Program Studi Sastra Arab merupakan salah satu program studi termuda di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret (UNS). Prodi Sastra Arab berdiri sejak 12 Januari 2011 dengan SK Pendirian Prodi 14/D/O/2011 yang ditandatangani Menteri Pendidikan Nasional. Adapun izin operasional Prodi terhitung sejak 12 Juli 2010 dengan SK Izin Operasional 172/D2.2/2010 yang menandai hari jadi Prodi Sastra Arab (dies natalis). Pendirian program studi ini dimaksudkan untuk merespon kebutuhan masyarakat dibidang pembelajaran Bahasa, Sastra dan Budaya Arab. Serta bertujuan mencetak lulusan profesional dibidang linguistik, sastra, dan budaya Timur Tengah. Di masa yang akan datang program studi ini diharapkan mampu menjalin hubungan ke dalam dan luar negeri khususnya dengan pemerintahan di wilayah Timur Tengah dalam konteks kerjasama dibidang pendidikan, kebudayaan dan kemanusiaan.

Visi

Menjadi Program Studi yang maju, unggul, dan tepercaya di tingkat internasional dalam bidang sastra Arab, linguistik Arab, budaya Arab, dan penerjemahan Arab pada tahun 2030 yang bertumpu pada budaya nasional terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang sastra Arab, linguistik Arab, budaya Arab, dan penerjemahan Arab yang bertumpu pada suasana akademik yang sehat, dinamis, dan terpadu antara kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi yang bertumpu pada budaya nasional terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa serta sumber sumber informasi yang memadai sesuai dengan kebutuhan zaman.
  2. Melaksanakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan wawasan, kemampuan dan keahlian sastra Arab, linguistik Arab, budaya Arab, dan penerjemahan Arab.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat berbasis pada pengetahuan dan kebudayaan Arab serta diakui di tingkat internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam menggunakan bahasa Arab untuk berbagai kepentingan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu homaniora seperti bahasa, agama, seni, filsafat, budaya, dan kepentingan-kepentingan praktis dalam komunikasi.
  2. Mendorong terciptanya suasana akademik dan semangat belajar bagi pengajar dan peserta didik dalam mempelajari ilmu-ilmu kebahasaan, kesusasteraan, dan kebudayaan Arab.
  3. Menghasilkan lulusan yang profesional bermoral, dan menguasai berbagai teori dasar keilmuan serta mampu mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh, baik itu secara teoretis atau pun praktis melalui penelitian, penalaran, dan pengabdian dalam forum ilmiah dan lapangan.
  4. Menjadi lembaga yang dapat dipercaya oleh masyarakat sebagai pusat pembelajaran, penelitian, dan pengabdian bagi masyarakat yang mampu menjembatani hubungan antara kepentingan pendidikan di Indonesia dan negara-negara Timur Tengah.

 

Dosen & Staff

No. Nama Deskripsi Foto
1. Dr. Eva Farhah, S.S., M.A. Kepala Program Studi Foto Dosen
2. Dr. Suryo Ediyono, M.Hum. Tenaga Pendidik Foto Dosen
3. Arifuddin, Lc., M.A. Tenaga Pendidik Foto Dosen
4. Muhammad Yunus Anis, S.S., M.A. Tenaga Pendidik Foto Dosen
5. Tri Yanti Nurul Hidayati, S.S., M.A. Tenaga Pendidik Foto Dosen
6. Ahmad Jazuli, S.S., M.A. Tenaga Pendidik Foto Dosen
7. Muhammad Farkhan Mujahidin, S.Ag, M.Ag Tenaga Pendidik Foto Dosen
8. Muhammad Ridwan, S.S., M.A. Tenaga Pendidik Foto Dosen
9. Abdul Malik, S.S., M.Hum. Tenaga Pendidik Foto Dosen
10. Reza Sukma Nugraha, M.Hum. Tenaga Pendidik Foto Dosen
11. Afnan Arummi, SHI., MA Tenaga Pendidik Foto Dosen
12. Alif Al Hilal Ahmad, S.S., M.A. Tenaga Pendidik Foto Dosen

Prodi Lainnya

news-fib

S1 Sastra Daerah

news-fib

S1 Sastra Indonesia

news-fib

S1 Sastra Inggris

news-fib

S1 Ilmu Sejarah

news-fib

S2 Linguistik