Lembaga Pres Mahasiswa (LPM) Kalpadruma merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Fakultas Ilmu Budaya yang bergerak di bidang penulisan jurnalistik. UKM ini memiliki visi : berperan aktif dalam perwujudan demokrasi dan peran kristis mahasiswa di lingkungan FIB pada khususnya dan UNS pada umumnya melalui proses jurnalistik.

Sebagai organisasi kemahasiswaan, Kalpadruma berperan aktif untuk meningkatkan softskiil dalam bidang jurnalistik. Sebagaimana yang dilakukan baru-baru ini, Kalpadruma menggelar dua kegiatan sekaligus yakni seminar dan diklatsar jurnalistik.

Pada kegiatan seminar yang berlangsung di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Budaya, Kalpadruma menghadirkan  narasumber yang kompeten di dalamnya yaitu Muhammad Taufik, Sekjen Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Surakarta.

Pada kesempatan baik tersebut, Muhammad Taufik memberikan materi mengenai fenomena keadaan pers saat ini yang bertolak belakang dengan fungsi pers seharusnya.

Acara kedua adalah Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) jurnalistik ke-34, sebagai acara puncak digelar di Vila Al-Irsyad, Tawangmangu, Karanganyar, Jumat-Minggu (22-24/03/2019).  Tema yang diambil adalah “Jurnalisme Berbicara” dengan menghadirkan narasumber narasumber dari Solopos, Damar Sri Prakoso berbicara mengenai  “Jurnalisme Berbicara” dan  Etika Jurnalistik oleh Nicolous..

Diklatsar ini bertujuan untuk memberikan pembekalan tentang penulisan jurnalistik serta praktiknya bagi anggota baru sebagi  awak pers kampus yang berkualitas, kritis dan independen.

Dengan kegiatan ini, diharapkan anggota-anggota baru LPM Kalpadruma dapat belajar banyak dan bermanfaat tentang dunia jurnalistik. Tidak hanya itu, pengalaman-pengalaman dan praktik-praktik yang dilakukan saat Diklat Dasar Jurnalistik LPM Kalpadruma ini diharapkan juga dapat membentuk keberanian anggota-anggota baru LPM Kalpadruma ketika terjun ke lapangan sebagai wartawan kampus (KADE).

%d bloggers like this: