Pada saat ini kebudayaan Bangsa  Arab telah banyak berakulturasi dengan budaya masyarakat Indonesia misalnya kepercayaan, pengetahuan, bahasa maupun seni. Berangkat dari kondisi ini Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Sastra Arab Qisar menggelar kegiatan Arabic Fair 2018. Kegiatan ini sudah berjalan selama tiga tahun. Tema yang diangkat pada kesempatan kali ini adalah Mozaik Arabia dalam Gemerlap Budaya.

Arabic Fair berlangsung pada tanggal 27 sampai dengan 28 Oktober 2018. Selain di Fakultas Ilmu Budaya, kegiatan ini juga berlangsung di masjid Nurul Huda UNS dan tribun FSRD.  Hal ini menyesuaikan agenda acara.  Selain untuk memperkenalkan budaya Timur Tengah juga memperkenalkan akulturasinya dengan kebudayaan Indonesia bagi mahasiswa baru Prodi Sastra Arab, para pelajar  dan masyarakat umum.

Arabic Fair dibagi ke dalam tiga bentuk :

  • Lomba
    kategori pelajar SMA/MA sederajat, perlombaan terdiri dari pidato Arab, Baca puisi, story telling kategori mahasiswa dan masyarakat umum,  meliputi debat, reporter specch, essai, Arabic voice, kaligrafi dan Musabaqah Qira’atul kutub (MQK).
  • talkshow
  • bazar

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 200-an peserta yang berasal dari dari 35-an instansi. Dari kategori lomba untuk mahasiswa, peserta datang  dari Perguruan PTN/PTS diantaranya UI, UIN Malang, UIN Bandung, UGM, Universitas Mataram dsb. Sedangkan kategori pelajar, peserta berasal dari berbagai SMA/MA/sederajat, diantaranya adalah SMA Nurul Fikri Bandung, MA terpadu Daruttauhid Jepara, MAN Purworejo, Ponpes Sunan Drajat Lamongan dan masih banyak lagi.

Dalam acara pembukaan, Muhammad Farkhan Mujahidin selaku Kaprodi Sastra Arab mengungkapkan, “Melalui kompetisi atau event seperti ini mampu meningkatkan kualitas peserta dari teori dan pengajaran yang di dapat selama belajar untuk diaktualisasikan.”

Sementara Riyadi Santosa selaku Dekan mengatakan, “Mengharapakan sebaiknya kegiatan ini di rancang secara berkolaborasi atau asosiasi bersama dengan seluruh program studi Arab yang ada di seluruh Indonesia ini untuk bekerjasama dalam penyelenggaran kegiatan seperti ini yang memiliki standar nasional yang selanjutkan melalui Dikti untuk bisa internasional.”

“Selanjutnya kurikulum yang ada di program studi Arab bisa untuk di kompetisikan sehingga meningkatkan kualitas dari mahasiswa dan kurikulum itu,” lanjut beliau di hadapan para peserta dan tamu undangan yang hadir.

Diharapkan dari kegiatan ini mampu menarik perhatian pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk belajar budaya Timur Tengah serta meningkatkan kreativitas para peserta melalui ajang kompetisi. Dan dari keseluruhan acara didapatkan pemenang sebagai berikut :

MQK :

  1. Khoirul Umam (Ma Terpadu Daruttauhid Jepara)
  2. Nailur Rohman (UIN Malang)
  3. Usman Jayadi (MA Terpadu Daruttauhid Jepara)

Kaligrafi:

  1. Muhammad Ashim Arrozy (UMS)
  2. Sindya Ayu Ihsana P. (SMA Al Islam 1 Surakarta)
  3. Ilham Akbar (UII)

Baca Berita (Reporter Specch) :

  1. Zahra Nailin (UGM)
  2. Indah Novitasari (IAIN Surakarta)
  3. Nur Akidah (UAD)

Pidato:

  1. Mahfudz Shidiq (SMA IT Nur Hidayah)
  2. Yusuf Rahmatullah (MA Nurul Islam Tengaran)
  3. Vania Huwaida Putri ( SMAI Nurul Fikri Boarding School Lembang)

Puisi

  1. Aura Kholifatunnisa (SMA Al Islam 1 Surakarta)
  2. Ahmad Kholil (MA Terpadu Daruttauhid Jepara)
  3. Manda Failah (MA PPMI Assalaam)

Story Telling

  1. Luqluq Istimaghfira (MA Tahfizh Nurul Iman)
  2. Ahmad Saefuddin Ilhamy (MA Terpadu Daruttauhid Jepara)
  3. Najwa Shirfa Maghfira Nur (MAN 2 Surakarta)

Arabic Voice :

  1. Ega (UII)
  2. Wahyu Rouf Diana (UNS)
  3. Ahmi Rifqi Hudaya (MAN 2 Surakarta)

Debat :

  1. SPBA UIN Sunan Kalijaga
  • Munawir Rasyad
  • Maulana Umar
  • Mamat Rachmat
  1. BSA UIN Sunan Kalijaga Tim B
  • Nurul Ulmi Mansur
  • Zulfa Khuriyatul Farah
  • Erni Nuraeni
  1. UGM TIM A
  • Rafika Fidlaty Zulfa
  • Muhammad Izzuddin
  • Syamil Basyayif
%d bloggers like this: