Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret melakukan pertukaran pelajar (student exchange) ke Akademi Pengajian Melayu Universiti Malaya. Kegiatan ini diikuti sebanyak 10 orang dari 5 Program Studi yang ada di Fakultas Ilmu Budaya. Kegiatan ini berlangsung selama 22 hari ( 18 September – 7 Oktober 2019), selama menjalankan program Student Exchange mahasiswa juga melaksanakan kegiatan kuliah di Akademi Pengajian Melayu. Mahasiswa mengikuti kegiatan kuliah sesuai dengan pembidangan di Fakultas Ilmu Budaya sehingga mahasiswa dapat cepat beradaptasi dalam mengikuti kegiatan perkuliahan. Beberapa jurusan yang ada di Akademi Pengajian melayu ialah: Kesusastraan Melayu, Bahasa Melayu, Linguistik Melayu, dan Sosio-Budaya. Mahasiswa FIB UNS dibolehkan memilih mata kuliah yang dari 4 jurusan tersebut sesuai minat masing-masing. Beberapa mata kuliah yang diambil dialah Karya Klasik Melayu, Bahasa Melayu Profesional, Filologi Melayu, Etnolinguistik, Sosiolinguistik, Kesantunan Bahasa Melayu dan lain-lain.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin hubungan antara Fakultas Ilmu Budaya dan Akademi Pengajian Melayu. Selain itu bagi mahasiswa kegiatan ini sebagai sarana pembelajaran budaya dan kegiatan perkuliahan di Akademi Pengajian Melayu. Hafis Muzakir sebagai salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan Student Exchange menuturkan bahwa kegiatan pertukaran pelajar ke Akademi Pengajian Melayu bisa mendatangkan manfaat yang sangat banyak dan kita bisa mencari banyak pengalaman seperti mengetahui kebudayaan Melayu itu sendiri. Di sisi lain hal ini bisa dijadikan sebagai pengetahuan tambahan seperti bagaimana caranya berkomunikasi kepada orang yang berbeda budaya dengan kita. Tentu hal ini adalah hal yang menarik bagi para pembelajar budaya. Dalam hal ini kita bisa menerapkan ilmu komunikasi interpersonal saat memahami budaya orang lain khususnya melayu yang dekat dengan Indonesia. Harapan setelah mengikuti kegiatan ini yaitu mampu mengimplementasikan apa yang sudah didapat selama di Malaysia dalam bentuk artikel, selain itu akan terus menjalin relasi dengan mahasiswa APM untuk bertukar ilmu perkuliahan.

Selain kegiatan perkuliahan, mahasiswa FIB UNS juga kerap mengikuti beberapa kegiatan yang diadakan oleh Akademi Pengajian Melayu maupun kampus lain seperti Institut Pendidikan Guru Malaysia. Kegiatan tersebut di antaranya Kongres Maruah Melayu, pelatihan pembuatan songkok, dan pengenalan budaya Melayu oleh Institut Pendidikan Guru Malaysia Tak hanya itu, mereka juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata edukasi di Malaysia seperti Melaka, Putra Jaya, Muzium Negara, Batu Cave, dan KLCC. (Bayu Aji Prasetya)

%d bloggers like this: