S-1 Sastra Indonesia

Program studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret adalah salah satu dari lima program studi di Fakultas Ilmu Budaya Rupa UNS. Jurusan ini berdiri sejak 11 Maret 1976. Sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 tahun 1976. Sesuai dengan disiplin ilmu yang dikembangkan, fungsi lembaga ini menghasilkan lulusan peserta didik yang handal dalam bidang sastra Indonesia dengan spesialisasi bidang linguistik, sastra, dan filologi Indonesia/ Melayu

Visi

Menjadi program studi yang maju, unggul, dan terpercaya pada tingkat nasional dan internasional dalam ilmu sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang bertumpu pada budaya nasional terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa.

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut program studi Sastra Indonesia menetapkan misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang mengedepankan suasana akademik yang sehat, demokratis, terpadu antara kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, memanfaatkan teknologi dan informasi mutakhir (information, communication, technology) yang dilandasi nilai-nilai budaya nasional terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang berorientasi pada pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan kesenian, untuk menjawab permasalahan masyarakat
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu serta pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bahasa Indonesia  yang berorientasi pada pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia.

Sasaran Program Studi

Untuk mewujudkan visi dan misi di atas, maka program studi Sastra Indonesia mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan berbasis pada keahlian sosiolinguistik, sastra mutakhir dan sastra kitab, yang berkualitas dengan indikator (a) masa studi pendek (4,5 tahun), (b) indeks prestasi tinggi (3,2), (c) cepat diserap pengguna (masa tunggu 1-6 bulan), (d) mampu bersaing dalam bursa kerja, dan (e) mandiri.
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang sastra Indonesia denganspesialisasi bidang linguistik, sastra, dan filologi Indonesia/melayu yang berkualitas dengan indikator (a) meraih dana dari dikti (penelitian PDM/SKW, penelitian fundamental, dan penelitian hibah bersaing) dan dari sumber lain, (b) mampu menjawab permasalahan masyarakat (akademik), (c) mengembangkan teori.
  3. Menghasilkan karya-karya berkualitas dalam pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pembinaan penggunaan Bahasa  Indonesia.

visit