Baru-baru ini Unit Kegiatan Mahasiswa Wiswakarman Fakultas Ilmu Budaya mengikuti kegiatan Tungguk Tembakau Festival di desa Senden, Selo, Boyolali. Kegiatan Tungguk Tembakau ini merupakan festival tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Boyolali dalam rangka menyambut panen raya tembakau di kawasan Selo, Boyolali. Upacara tumbuk tembakau, merupakan presentasi dari adat istiadat, tradisi, dan ekplorasi budaya. Disamping itu sebagai upaya mempromosikan Selo sebagai  desa budaya.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indonesia. Berlangsung selama satu minggu (28 Juli-4 Agustus 2018). Berbagai ajang kompetisi budaya diselenggarakan, antara lain  camping ceria, tobbaco fun walk, dan lomba karawitan (Panen karawitan competition). Pada kesempatan ini, UKM Wiswakarman Fakultas Ilmu Budaya ikut andil dalam memeriahkan festival dalam kategori yang diikuti adalah lomba karawitan. Panen Karawitan Competition diikuti oleh tujuh tim peserta lomba dari PTN dan PTS di Pulau Jawa yakni Bharada UNESA, BKKT UNS, Kamasetra UNY, UKSW Salatiga, Unitantri Unibraw, UKM Wiswakarman FIB UNS dan Himajaya UNY.

“Kegiatan ini sebagai proses melestarikan dan menggali potensi budaya secara keseluruhan melalui penyelenggaraan even-even kesenian dan kebudayaan,” kata Darmoko salah satu dewan juri dari Universitas Indonesia yang memberikan komentarnya.

“Diharapkan dari kegiatan-kegiatan seperti ini para akademisi turun ke lapangan serta berkomunikasi langsung dengan masyarakat sehingga mengerti dan mengikuti perkembangan nilai-nilai budaya yang berkembang di suatu daerah. Bukan hanya sebagai teoritikus ataupun konseptor,” lanjut beliau.

Pada kategori karawitan selain beliau, juri juga datang dari Universitas Gadjah Mada, Tulus Ari Widodo  serta budayawan Jungkung Darmoyo. Komponen penilaian meliputi leres, rampak dan laras. Alhamdulillah tim karawitan Wiswakarman berhasil menyabet juara pertama mengalahkan enam peserta lainnya.

Supardjo, selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni menyambut baik dan mengapresiasi prestasi yang diraih Wismakarman. Selamat dan Sukses.

%d bloggers like this: