Halal bi halal diartikan sebagai hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa ramadhan. Halal bi halal sendiri merupakan pengganti istilah silaturrahmi. Salah satu tujuannya adalah mengharmoniskan hubungan kekerabatan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Fakultas Ilmu Budaya UNS menggelar silaturrahmi di halaman gedung 3, Jumat (22/6) dengan mengusung tema mempererat dan memperkuat tali silaturahmi. Kegiatan yang berlangsung pagi sampai siang hari tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya beserta undangan. Hadir pula para purnakarya, perwakilan alumni dan perwakilan mahasiswa.

Dalam sambutannya Riyadi Santosa selaku Dekan FIB mengatakan, “Kegiatan halal bi halal ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh Fakultas Ilmu Budaya setiap tahunnya. Merupakan momen yang tepat bagi kita untuk bersilaturrahmi antara satu dengan yang lain dan saling maaf-memafkan.”

“Saat ini banyak para purnakarya yang hadir, kami mohon doa restunya. Semoga Fakultas Ilmu Budaya mampu meningkatkan prestasinya dari tahun ke tahun serta mampu mendukung program-program yang telah dicanangkan oleh UNS. Terutama percepatan internasionalisasi dan UNS menuju PTNBH. Banyak potensi yang dimiliki oleh tenaga pendidik FIB, salah satunya  publikasi. Dengan mengangkat publikasi ilmiah berbasis karya lokal yang khas yang unik dan dapat menginternasionalisasikannya. Semoga mampu mengangkat nama fakultas tercinta,”lanjut beliau.

Sedangkan nara sumber yang hadir dalam halal bi halal tersebut Ustad Ahmad Yani dari Banyudono, Boyolali. Dalam kesempatan baik tersebut beliau mangatakan bahwa manusia itu selain sebagai individu juga sebagai makhluk sosial. Sebagai hamba Allah, Swt diharapkan mampu mempererat tali silaturahmi antar sesama. Sehingga tercipta kerukunan, kedamaian serta kebahagiaan. Semoga mampu saling memberi, memaafkan serta jangan sampai suka balas dendam.

Silaturahmi ini juga dihibur oleh De Java Ochestra dari prodi Sastra Daerah disela-sela acara inti.  Dengan membawakan lagu-lagu bernuasa islami dan jawa yang dibawakan menambah suasana sejuk bagi pendengarnya. Di penghujung acara,  ditutup dengan doa dan jabat tangan saling maaf-memafkan di antara semua hadirin yang hadir. Diharapkan kegiatan ini menjadi momen yang tepat untuk memperbarui dan mempererat persaudaraan antar manusia, khususnya para civitas akademika Fakultas Ilmu Budaya.

%d bloggers like this: