Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) yang diselenggarakan oleh FIB UNS merupakan pendidikan kepariwisataan yang memadukan antara teori dan praktek dalam bidang usaha perjalanan wisata dan didukung oleh jalinan kerja sama dengan berbagai pihak terkait. Mengusung visi menyiapkan tenaga profesional di bidang pariwisata, UPW memiliki sebuah biro perjalalanan bernama Bumi Kentingan Tour dan Travel.

Bumi Kentingan Tour and Travel dikelola oleh mahasiswa UPW di bawah bimbingan para dosen. Kukuh Warsono, salah satu dosen pembimbing Bumi Kentingan Tour and Travel mengungkapkan bahwa program ini bertujuan memberi bekal agar mahasiswa memahami kondisi lapangan.

“Mereka bisa terjun langsung ke lapangan setelah di kelas mendapatkan teori, mereka bisa menganalisis, bisa mengetahui segmentasi pasar, bisa mengetahui perkembangan yang ada di dunia pariwisata,” tuturnya.

Saat ini, Bumi Kentingan Tour and Travel sudah menjadi biro perjalanan yang mengantar pelanggannya ke berbagai wilayah di Indonesia.

“Hampir semua pulau Jawa sudah semua, Bali, Lombok, Karimun Jawa, kemudian Kalimantan Selatan, terakhir ke Balikpapan, ini baru ekspansi untuk mencoba ke bagian timur, Sulawesi, Raja Ampat, dan seputaran daerah Papua yang saat ini baru jadi tren,” tambah Kukuh.

Kukuh berharap Bumi Kentingan Tour and Travel menjadi salah satu ikon UNS karena biro perjalanan yang murni di kelola mahasiswa di Solo ini hanya ada di UNS. “Di Solo, PTN dan PTS yang punya biro travel yang benar-benar murni dikelola oleh mahasiswa ya hanya di sini,” kata Kukuh.

%d blogger menyukai ini: