Program D3 Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya UNS mengadakan program Summer Camp yang ketiga kalinya ke Chengdu, Xihua University, Tiongkok. Senin-Jumat (01-15/06/2019).

Kegiatan ini berlangsung selama dua minggu dengan mengirimkan sembilan mahasiswa dan satu dosen pembimbing. Summer camp ini sebagai hasil dari langkah kerjasama yang sudah terjalin antara FIB UNS khususnya Prodi D3 Bahasa Mandarin dengan Xihua University khususnya Prodi Fakultas Ilmu Budaya.

Kegiatan yang telah berlangsung ketiga kalinya ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas program studi dan menguatkan SDM mahasiswa sekaligus staff tenaga pengajar dengan mengikuti short course melalui program untuk belajar mengenai bahasa dan budaya Tionghoa secara langsung sehingga mengasah keilmuan yang dipelajari selama ini.

Selama dua minggu ini mahasiswa diajak untuk mengikuti kegiatan akademis dan non akademis antara lain seminar, games, kelas berbahasa Mandarin, membuat Xiangbao (pewangi pengusir seraga), belajar seni mewarnai kipas dan seni rajut dari Tiongkok Tidak hanya melihat, tetapi mahasiswa merasakan langsung bagaimana cara membuat tiap kesenian tersebut.

Selain itu juga berkunjung ke tempat bersejarah seperti musem Jinsha yang merupakan tempat peninggalan dinasti zaman dulu banyak ditemukan gading gajah yang sudah ribuan tahun, dan akar pohon sejak sebelum masehi. Dufu Caotang tempat dimana penyair Dufu yang terkenal sejak dinasti Tang pernah tinggal. Disana banyak sekali dipajang puisi – puisi karya Dufu. Juga mengujugi Qingcheng Shan atau Gunung Qingchen dan du jiang yan atau semacam bendungan, teknik pengairan yang terkenal di Chengdu, China

Dian Prasetyo Adi selaku dosen pembimbing mengharapkan agar kegiatan seperti ini bisa diakan rutin tiap tahun. Tidak hanya bagi Prodi D3 Mandarin, tetapi juga seluruh Prodi di Universitas Sebelas Maret. Karna dengan memahami budaya negara lain, bisa menambah wawasan kita, kita bawa ke Indonesia, agar berguna bagi negara kita.

Sementara Eveline mahasiswa D3 Bahasa Mandarin semester dua mengatakan sangat senang dengan acara ini. Bisa belajar banyak budaya China, yang selama ini hanya tahu lewat buku, sekarang bisa merasakan dan melihat langsung bagaimana budaya dan kesenian Tiongkok.

%d bloggers like this: