Tiga tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Fakultas Ilmu Budaya lolos nominasi untuk mengikuti Program Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Institut Pertanian Bogor, 8-12 Agustus 2016. Dua tim di antaranya merupakan peserta PKM Penelitian, sedangkan satu tim lainnya adalah peserta PKM Pengabdian kepada Masyarakat.

Tim pertama, terdiri dari lima mahasiwa, meneliti potensi wisata kawasan situs budaya melalui bangunan Majapahitan di Trowulan. Tim ini diketuai oleh Zulyani Evi, di bawah bimbingan Tiwuk Kusumahastuti, dosen Program Studi Ilmu Sejarah. Tim kedua, diketuai oleh Yunita A. Pratika, menganalisis peran dan fungsi kapal Kyai Rajamala pada masa pemerintahan Paku Buwono IV hingga Paku Buwono VII. Sedangkan satu tim pengabdian masyarakat, diketuai Sofia Naim, melakukan upaya meningkatkan kreativitas dan sistem motorik penyandang mental disorder.

“Semoga semua tim mahasiswa dari FIB menang dan membawa medali dari ajang PIMNAS kali ini,”  jelas Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni FIB, Priyanto.

 Menurut Tiwuk Kusuma Hastuti, “Kegiatan penelitian mahasiswa ini  bertujuan memberikan solusi kreatif pada pengembangan pariwisata Trowulan melalui integrasi potensi wisata kawasan situs budaya”.

Lebih lanjut, Tiwuk menjelaskan,  “Semoga pariwisata di Trowulan ini dapat berkembang dan bermanfaat menjadi obyek wisata budaya, sejarah dan ilmu pengetahuan yang bertaraf internasional”.

%d blogger menyukai ini: