Agustus erat dengan hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada kesempatan yang baik ini Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya UNS mengajak untuk kembali dan meningkatkan rasa nasionalisme melalui kegiatan Seminar Nasional “Kajian Mutakhir Bahasa, Sastra dan Budaya untuk Membangun Kebhinekatunggalikaan NKRI” di Hotel Sahid Jaya, Solo, Jumat-Sabtu (25-26/8).

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan wawasan global dosen dan mahasiswa. Selain itu, ditujukan pula bagi perkembangan mutu pendidikan secara internasional. Utamanya dalam bidang pernaskahan nasional.

Seminar ini akan menghadirkan enam pemakalah sebagai berikut :

  1. Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. (Universitas Negeri Yogyakarta)
  2. Prof. Dr. Dadang Suganda, M.Hum. (Universitas Padjadjaran)
  3. Dr. F.X. Rahyono, M.Hum. (Universitas Indonesia)
  4. Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt. (Universitas Udayana)
  5. Dr. Sri Ratna Saktimulya, M.Hum. (Universitas Gadjah Mada)
  6. Prof. Sahid Teguh Widodo, M.Hum., Ph.D. (Universitas Sebelas Maret)

Dalam seminar ini juga mengundang pemakalah dari berbagai universitas dan juga lembaga yang bergerak di bidang pengembangan Bahasa, Sastra dan Budaya di seluruh Indonesia untuk ikut dan mempersentasikan makalahnya melalui seleksi yang bisa masuk proseding seminar nasional.

Sumarlam, ketua panitia sekaligus dosen Prodi Sastra Daerah berharap, bahwa dengan seminar nasional ini mampu memberikan dampak yang positif bagi perkembangan ilmu linguistik, sastra, filologi dan budaya daerah yang mempererat budaya nasional.

%d blogger menyukai ini: