Dunia kerja yang bereputasi dan memadai mutlak dibutuhkan bagi lulusan perguruan tinggi namun untuk memasuki dunia tersebut diperlukan kesiapan dan kemampuan yang handal dalam menghadapi persaingan di tingkat Internasional. Untuk itu diperlukan pembinaan dan memberikan pengenalan, pembinaan serta pelatihan bagi mahasiswa tentang dunia kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Melihat dari latar belakang tersebut Program Studi Sastra Arab mengadakan pelatihan kemahiran Bahasa Arab Ikhtibar Kafa’ah li Al-Lughah Al’-Arabiyyah (IKLA) bekerjasama dengan Lembaga Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Senin-Selasa (26-27/08/2019) di R.307 gedung 1 FIB.

Kegiatan ini diperuntukan bagi mahasiswa baru dalam rangka mempersiapkan untuk mengenal materi-materi tentang bahasa Arab dan materi pendukung lainnya yang akan mereka tempuh selama kuliah di Prodi Sastra Arab. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari.

Pada hari pertama Senin (26/05/2019) di R. 210 dan 211 Gedung 1 diadakan tes membaca al-Qur’an, istima’ (mendengar kata dan kalimat dalam bahasa Arab), menulis Arab, qira’ah (membaca), dan muhadatsah (percakapan) di pandu oleh dosen Prodi Sastra Arab yakni Eva Farhah, Afnan Arummi, M. Farkhan Mujahidin, Abdul Malik, Arifuddin, Ahmad Jazuli dan Tri Yanti Nurul Hidayati.

Sedangkah hari terakhir Selasa (27/08/2019) di R.307 pelatihan ini di akhiri oleh tes TOAFL (Test Of Arabic as a Foreign Language) atau IKLA (Ikhtibar Kafa’ah al-Lughah Al-‘Arabiyyah) yang bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta dengan durasi dua jam.

Tes ini bertujuan mengetahui kemampuan mahasiswa baru angkatan 2019 tentang pengetahuan dan kemampuan khususnya bahasa Arab. Dengan diadakan tes ini, selanjutnya akan dipetakan kemampuan mahasiswa untuk digembleng kembali agar selama belajar di Prodi sastra Arab nanti mendapatkan hasil yang maksimal.

Tri Yanti Nurul Hidayati selaku PIC kegiatan mengatakan, “Pelatihan bahasa Arab untuk mahasiswa baru ini sangat penting dan bernilai positif, karena dengan pelatihan ini kami (Prodi) mengetahui sejauh mana kompetensi mahasiswa baru tentang bahasa Arab. Karena kita tahu, mahasiswa baru prodi sastra Arab ini tidak semuanya memiliki latar belakang atau pernah bersinggungan dengan bahasa Arab. Dengan diadakan pelatihan ini, kami berharap maba akan memiliki gambaran tentang bahasa Arab yang nantinya akan mereka tekuni selama kuliah di Prodi Sastra Arab. Pelatihan bahasa Arab ini merupakan pertama kali diadakan oleh Prodi sastra Arab FIB UNS dan insyaallah akan terus diadakan di tahun-tahun berikutnya untuk menyambut mahasiswa baru”.

%d bloggers like this: