Himpunan Mahasiswa Sastra Arab UNS atau yang sering disebut QIS’AR mengadakan pawai bersama pada hari minggu (13/12) pagi di Car Free Day (CFD) Slamet Riyadi Solo. Pawai ini diselanggarakan sebagai wujud apresiasi mereka terhadap hari bahasa Arab dunia yang ditetapkan pada tanggal 18 Desember. Pawai ini merupakan pawai pertama yang mereka selenggarakan untuk memperingati mementum tersebut dan rencananya akan dijadikan sebagai agenda tahunan QIS’AR.

Pengurus QIS’AR mengajak beberapa komunitas mahasiswa pecinta bahasa Arab yang ada di Surakarta. Komunitas-komunitas tersebut antara lain: UKM ar-Risalah UMS, Ma’had Abu Bakar ash-Shiddiq, HMP Pendidikan Bahasa Arab, dan HMP Sastra Arab IAIN Surakarta. Jumlah peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sekitar 100 peserta. Pawai ini dimulai dari perempatan sebelah barat Grand Mall Solo sampai perempatan sebelah timur Museum Radya Pustaka dan dimulai pada pukul 07.30 WIB sampai dengan 09.00 WIB.

Pawai bersama ini bertujuan untuk mensosialisasikan adanya hari bahasa Arab dunia yang ditetapkan pada tanggal 18 Desember kepada masyarakat Solo pada umumnya. Seperti kita ketahui bahwa bahasa Arab tidak bisa lepas dari kebudayaan masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, sehingga dengan adanya pawai ini diharapkan masyarakat yang menyaksikan atau pun mengetahui pawai ini terdorong untuk mempelajari bahasa Arab yang kini telah menjadi salah satu bahasa komunikasi internasional.

Agenda acara pada pawai ini terdapat beberapa macam. Pertama, jalan bersama melalui rute yang telah ditentukan dengan membawa spanduk dan plang mengenai peringatan hari bahasa Arab dunia. Kedua, sarasehan bersama di stand Teater Oase Sastra Arab yang bertempat di depan MAN 2 Surakarta yang disertai publikasi Teater Sastra Arab yang akan pentas di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah pada tanggal 23 Desember 2015. Ketiga, foto bersama yang sekaligus menutup acara Pawai Bersama ini.

Kegiatan Pawai Bersama ini mempunyai beberapa manfaat bagi internal HMP QIS’AR UNS sendiri.  Manfaatnya antara lain: terjalinnya kerjasama yang baik antar komunitas pecinta bahasa Arab se-Surakarta, terpublikasinya pentas besar Teater Oase Sastra Arab yang akan dipentaskan pada tanggal 23 Desember, dan bertambahnya semangat mahasiswa Sastra Arab UNS untuk memperdalam ilmu yang ditekuninya.

%d blogger menyukai ini: