Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret baru saja menyelenggarakan pameran musium se-Indonesia. Pameran yang bertajuk “Museum Goes to Campus: Menjaga Memori Kolektif Bangsa”, diikuti lebih dari dua puluh museum.

Museum Goes to Campus (MGtC) adalah pameran bersama sejumlah museum yang dimaksudkan untuk memudahkan publik/masyarakat mendapatkan akses informasi dan pengetahuan mengenai hal-hal umum yang terkait dengan museum, nilai-nilai kebangsaan, dan “tali-tali sejarah” yang menambatkan rasa dan semangat keindonesiaan

Lebih dari 20 museum dan lembaga kesejarahan dari Jakarta, Bogor, Jogjakarta, Solo, Sragen, Sukoharjo, dan Blitar, ikut serta dalam pameran ini. Setiap museum menampilkan profil dan koleksi sesuai dengan karakter museum masing-masing, yang mengekspos nilai-nilai kebangsaan, kebudayaan dan menggugah kesadaran sejarah. Setiap museum pun menyediakan sarana dan tenaga edukator yang bertugas untuk menyampaikan berbagai informasi tentang koleksi museum dan fungsi museum masing-masing sebagai sebagai sarana pendidikan, penelitian, dan pariwisata.

Pameran MGtC diadakan di Auditorium UNS, Jl. Ir.Sutami 36 A Kentingan, Jebres, Surakarta, terbuka untuk umum, dimulai pukul 09.00 s/d 17.00 WIB dan tidak dipunggut biaya, selama tanggal 8 – 13 November 2016. Rangkaian kegiatan pameran ini juga menampilkan kreasi seni dari mahasiswa, Bazar, Lomba, Focus Group Discussion dan kuliah umum.

%d blogger menyukai ini: