Oase, Teater Prodi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya kembali gelar pementasan drama berbahasa Arab dengan mengusung tema “Syahrazad, Rahasia Penakluk Hati Sang Pecinta Tanpa Hati” yang akan dipentaskan Jumat (24/11) di Teater Arena, Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta.

Teater Oase, merupakan bagian dari HMP Qis’ar Prodi Sastra Arab FIB yang memiliki kekhususan mengangkat naskah-naskah asli Timur Tengah tampi dengan Bahasa Arab.

Pada kesempatan kali ini pentas besutan sutradara Muhammad Nahwan Nasirudin, mahasiswa Sastra Arab, bercerita raja yang kejam dan tidak punya hati bernama Syahroyar. Ia menikahi setiap gadis di seluruh wilayah kekuasaannya, kemudian pada pagi harinya gadis itu dibunuh. Sebab ia sudah tak percaya akan cinta dan kesetiaan seorang wanita. Hingga pada suatu hari, ia menikahi gadis bernama Syahrozad. Namun, gadis itu tidak langsung dibunuh. Syahrozad memiliki cara untuk menunda hukuman matinya hingga 1001 malam lamanya.

Pesan yang ingin disampaikan Oase lewat teaterikal ini yakni kesabaran dan kelembutan hati akan dapat mengubah hati yang dingin dan sikap yang keji menjadi hangat dan penyayang. Ilmu yang digunakan dengan baik tidak akan membuat celaka, justru akan menolong disaat membutuhkan.

Diharapkan dari penampilan kali ini dapat menggali potensi mahasiswa Sastra Arab dan memahami kasusastraan Arab. Serta mengenalkan Sastra Arab bagi pelajar SMA/sederajat dan civitas akademika di UNS serta masyarakat kota Soloraya.

%d blogger menyukai ini: