Satu lagi prestasi nasional disumbangkan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya. Muhammad Pamungkas, mahasiswa angkatan 2012 Prodi Ilmu Sejarah ini berhasil meraih predikat terbaik satu dalam Pekan Nasional Cinta Sejarah dalam kategori Lomba Karya Tulis Sejarah. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Sejarah Kemendikbud tersebut berlangsung di Universitas Negeri Malang tanggal 1-5 September 2016.

Kegiatan ini diikuti seratusan peserta dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Dimulai dari beberapa tahap meliputi seleksi awal karya tulis pada bulan Juli sampai dengan dipilihnya enam karya tulis terbaik untuk dipresentasikan di hadapan juri.

Untuk menghasilkan karya yang bagus, tidak tanggung-tanggung mahasiswa kelahiran Jakarta, 13 Februari 1993 tersebut mencari referensi di Pusat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Judul yang diambil adalah “Gerakan Revolusi Tangerang : Peranan Ulama di Tengah Dominasi Militer awal Kemerdekaan 1945-1946.

“Inti dari tulisan saya adalah bahwa revolusi tidak hanya didominasi oleh militer, namun ulama juga bisa berperan penting dalam upaya merebut dan mempertahankan  kemerdekaan”, kata pamungkas. “ Prestasi ini pondasi pertama saya untuk meraih prestasi-prestasi selanjutnya’, lanjutnya.

Ditempat terpisah, Warto, selaku Wakil Dekan Bidang Akademik memberikan apresiasi positif atas prestasi yang diperoleh Muhammad Pamungkas. “Sudah waktunya sekarang mahasiswa berubah, tidak hanya menjadi mahasiswa yang kutu buku, namun berani untuk berlomba untuk menorehkan prestasi. Semoga menjadi inspirasi bagi mahasiswa di FIB lainnya untuk berkompetisi baik di level nasional maupun level internasional”, kata Warto.

%d blogger menyukai ini: