Better Than Broadway (BTB), sebuah kelompok drama panggung Sastra Inggris UNS, mendapat kehormatan sebagai partisipan di sebuah kegiatan Menuju Kampung Budaya Candi Plaosan. Kegiatan tersebut adalah sebuah Peristiwa Budaya bertema “mBabar Candi Kembar” di Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Mendapat dukungan dari Fakultas Geografi UGM serta Pusat Studi Tari Dunia ISI Surakarta, masyarakat Desa Bugisan mengajak para seniman, sanggar, dan komunitas seni dan budaya, termasuk BTB, untuk berpartisipasi di kegiatan tersebut.

Dalam penampilan kali ini, BTB akan membawakan drama berjudul “Master of Puppet” yang ditulis oleh Ishlah Ma’ruf. Berikut adalah sinopsis dari drama tersebut.

Budayalah yang menyatukan kita. Akan tetapi, budaya juga yang memecah belah kita dimana setiap budaya bertujuan untuk kukuh dalam akar-akar mereka.

Drama “Master of Puppet”, yang merupakan penggambaran dari budaya yang saling menghegemoni, menunjukkan sebuah protes atau kritik dalam praktek kegiatan budaya dan membudayakan.

Terdapat dua master dalam one-act play ini: Master of Tree dan Master of Throne. Master of Tree, yang diklaim sebagai sebuah budaya yang kealam-alaman, merasa terancam oleh dominasi Master of Throne. Hal itu membuat pertikaian-pertikaian yang berakhir pada hilangnya sebuah identitas puppet.

Drama “Master of Puppet” ditampilkan pada hari Sabtu, 26 November 2016, dengan panggung alam dan dilatarbelakangi Candi Plaosan. Drama BTB berusaha untuk menampilkan drama yang diharapkan mampu menyampaikan pesan kepada setiap orang yang menyaksikannya.

%d blogger menyukai ini: