Delegasi Program Studi Sastra Jawa, Fakultas Ilmu Budaya UNS kembali menorehkan prestasi. Kali ini mereka memborong beberapa kejuaraan yang digelar Ikatan Mahasiswa Bahasa Dan Sastra Daerah Se-Indonesia (IMBASADI) di Universitas Padjadjaran, Sabtu-Rabu (22-26/4). Kejuaraan ini merupakan rangkaian dari pertemuan tahunan organisasi tersebut, yang kali ini mengambil tema “Khasanah Budaya Daerah untuk Jiwa Nasionalisme dalam ke-Bhinekaan-Tunggal-Ika”.

Program Sastra Daerah FIB UNS mengirimkan empat mahasiswa, yakni Bondan Ardiansyha (2014), Adi Wisnurutomo (2016), Mushoffiana Audina (2014) dan Murni Suharyanti (2015). Selain kejuaraan, mereka juga mengikuti rangkaian kegiatan lainnya, seperti seminar, temu ilmiah, pagelaran putra-putri IMBASADI 2017, gelar budaya, dan wisata budaya ke Kampung Naga. Kampung Naga adalah suatu kampung adat Sunda yang ada di Tasikmalaya.

Keempat mahasiswa Program Studi Sastra Jawa semuanya berhasil meraih kejuaraan. Adi Wisnurutomo menang sebagai Juara I Lomba Pidato, selain ia juga menyabet Juara 2 Gelar Budaya bersama pasangannya, Bondan Ardiansyha. Mereka menampilkan pantomim dengan busana tradisional. Bondan sendiri juga meraih juara harapan lomba kaligrafi aksara daerah; dan Murni Suharyanti juga meraih juara harapan lomba puisi.

“Bagi saya, IMBASADI membuka cakrawala pengetahuan seputar bahasa dan sastra daerah tidak hanya lokal melainkan nasional. Kegiatan ini menambah wawasan dan pengetahuan dalam bidang bahasa dan sastra daerah Se-Indonesia”, ungkap Bondan Ardiansyha.

%d blogger menyukai ini: