Peningkatan kualitas program studi harus selalu dilakukan, baik secara langsung maupun tidak langsung.  Salah satunya berhubungan dengan stakeholder (pengguna lulusan). Pengguna lulusan adalah bagian dari masyarakat yang nantinya akan menyerap lulusan dari program studi. Lulusan sebagai produk dari program studi akan diserap dan kembali ke masyarakat diharapkan menjadi SDM yang memenuhi harapan masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Beberapa waktu yang lalu sejumlah lima orang mahasiswa Program D3 Mandarin mengikuti Program SUMMER CAMP di Tiongkok, Cina. Program ini  merupakan salah satu upaya program studi D3 Bahasa Mandarin untuk meningkatkan kualitas program studi.

Program SUMMER CAMP merupakan kerjasama antara pemerintah kota NANCHANG provinsi JIANGXI Tiongkok dengan Badan Koordinasi Bahasa Mandarin Jakarta. Badan Koordinasi Jakarta menunjuk Universitas Sebelas Maret Program Studi D3 Bahasa Mandarin untuk mengirim mahasiswa mengikuti program SUMMER CAMP tahun 2018 di kota NANCHANG provinsi JIANGXI Tiongkok.

Program ini merupakan program untuk belajar mengenai bahasa dan budaya Tionghoa dalam waktu 2 minggu (tanggal 1 s.d. 14 Juli 2018) di kota NANCHANG provinsi JIANGXI Tiongkok.

“Tujuan dari kegiatan Summer Camp ini adalah untuk meningkatkan kerjasama program studi D3 Bahasa Mandarin dengan pemerintah Tiongkok, khususnya provinsi Jiangxi, dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar langsung bahasa serta budaya Tiongkok di negeri tirai bambu tersebut,” jelas Quinta Avenida, salah satu staff pengajar Prodi D3 Mandarin sekaligus selaku pembimbing mahasiswa.

 “Di samping itu, melalui program ini mahasiswa dapat mempraktekan kemampuan bahasa mereka dengan berkomunikasi langsung dengan teman-teman dan pengajar dari Tiongkok,” lanjut beliau.

Beberapa mahasiswa Prodi D3 Mandarin yang mengikuti program Summer Camp ini merasa senang dan begitu bersemangat serta memiliki kesan tersendiri.

“Pergi ke Tiongkok sangat menyenangkan dan saya mendapat banyak sekali pengalaman dan pelajaran berharga. Selain mengasah kemampuan bahasa Mandarin saya, saya dapat bertemu banyak teman dari berbagai daerah,”tandas Nella Pipindha, salah seorang peserta Summer Camp dari Prodi D3 Mandarin. Nella juga berharap tahun depan dapat mengikuti program Summer Camp kembali.

Melalui program SUMMER CAMP ini mahasiswa diharapkan dapat mempelajari lebih dalam bahasa dan budaya Tiongkok, serta dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Mandarin mereka sehingga dapat menjadi SDM yang bermanfaat di masyarakat.

%d bloggers like this: