• Mahasiswa BIPA UNS Latihan Karawitan

Budaya Jawa memang memiliki daya tarik yang sangat kuat. Ini dibuktikan dengan semakin banyaknya orang asing yang tertarik mempelajarinya. Belasan mahasiswa asing belajar seni karawitan di Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Selasa (19/4). Mereka adalah mahasiswa yang saat ini sedang mengikuti pelatihan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di UNS.
FIB memang memiliki satu laboratorium terpadu untuk mengembangkan ketrampilan seni karawitan, pedalangan, dan musik keroncong. Laboratorium ini dilengkapi satu set gamelan dan wayang kulit, serta satu set peralatan musik keroncong.
Di bawah bimbingan Imam Sutarjo, salah satu dosen senior Program Studi Sastra Jawa, para mahasiswa dari berbagai negara itu memainkan gendhing “Manyar Sewu”, sebuah gending yang biasa digunakan untuk mengiringi prajurit yang akan berangkat perang.
“Kegiatan ini memang bertujuan mengenalkan budaya Jawa bagi mahasiswa asing yang belajar bahasa Indonesia di UNS”, kata Sri Riwanti, koordinator program BIPA UNS.
“Saya yakin, setelah mengenali, mereka akan mencintai budaya Jawa, termasuk bermusik seperti karawitan ini,” tambah Riwanti.

%d blogger menyukai ini: